Cara-cara Penanggulangan Pencemaran Air


Air merupakan salah satu komponen paling penting dalam kehidupan. Air merupakan sumber kehidupan, hampir setiap makhluk hidup di bumi membutuhkan air untuk hidup. Ketersediaan air perlu dijaga. Apalagi untuk manusia yang membutuhkan air dengan standar kebersihan tertentu. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara-cara penanggulangan pencemaran air.

Kesadaran terhadap air di Indonesia belum tinggi. Banyak orang yang masih menganggap remeh hal ini dan mencemari air di lingkungannya secara sadar maupun tidak. Hal ini tentu perlu diwaspadai. Manusia membutuhkan air dengan kualitas dan kuantitas tertentu. Walaupun wilayah Indonesia mayoritas berupa perairan, namun tidak semua air itu bisa dikonsumsi secara langsung.

Ekosistem air sebenarnya bisa membersihkan air yang tercemar secara alami. Namun, pembersihan ini tentu ada batasnya. Dengan berbagai macam zat kimia yang tercemar ke alam, tentu pembersihan akan semakin sulit. Karena itu, sebelum ekosistem air hancur, maka kita perlu melakukan berbagai langkah untuk mencegah pencemaran air.

Mencegah Pencemaran Air

Berikut ini beberapa tindakan yang bisa kita lakukan untuk mencegah pencemaran air di lingkungan Anda.

1. Hemat air. Gunakan air sesuai dengan kebutuhan dengan jumlah yang tepat. Kurangi kegiatan yang menghamburkan air.

2. Kurangi pemakaian detergen yang tidak ramah lingkungan. Beberapa zat dalam detergen bisa merusak lingkungan air di sekitar Anda.

3. Kurangi pemakaian obat-obatan kimia. Beberapa cairan kimia, seperti pestisida dan obat nyamuk air bisa merusak ekosistem air di lingkungan.

4. Jangan mencuci kendaraan bermotor di sungai. Zat kimia yang melekat pada kendaraan itu dan juga pemakaian sabun yang berlebihan bisa merusak air sungai.

5. Jangan membuang sampah di sungai. Beberapa kandungan dalam sampah rumah tangga bisa mencemari air. Selain itu, timbunan sampah juga bisa memunculkan dampak buruk lain, seperti banjir.

Beberapa langkah ini, bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jika setiap orang melakukannya, tentu pencemaran air bisa dikurangi. Selalu ingat bahwa manusia sangat membutuhkan air bersih setiap harinya. Jangan sampai masa depan menjadi suram karena ketiadaan air bersih yang memadai.

Demikianlah artikel singkat tentang Cara-cara Penanggulangan Pencemaran Air ini. Semoga informasinya bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Keluar dari Blokir Pertemanan oleh Server Facebook
Sebelumnya: Puisi Kahlil Gibran Tentang Waktu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar