Cara-cara Penulisan Daftar Pustaka Menurut EYD


Anda tentu tahu apa itu daftar pustaka. Daftar pustaka ini selalu ada dalam berbagai buku-buku teks nonfiksi. Selain dalam buku, daftar pustaka juga terdapat di bagian akhir karya-karya tulis ilmiah. Penulisan daftar pustaka ini tidak sama dengan penulisan teks atau keterangan lainnya dan harus sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Lalu bagaimana cara-cara penulisan daftar pustaka menurut EYD? Sebelumnya, mari kita simak dulu informasi tentang pengertian dan fungsi daftar pustaka.

Pengertian dan Fungsi Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah suatu daftar yang tercantum spesifikasi berbagai buku yang dijadikan refereni atau sumber dari buku atau karya ilmiah yang  bersangkutan. Daftar pustaka ini meliputi judul buku, nama penulis buku, penerbit buku, tahun terbit, dan berbagai infromasi lain yang berkaitan dengan buku tersebut.

Daftar pustaka berfungsi sebagai salah satu cara untuk memberikan berbagai referensi yang berhubungan bagi pembaca untuk emlakukan sebuah kajian lanjutan maupun kajian ulang yang berhubungan dnegan tema buku tersebut. Selain itu, daftar pustaka juga dapat dijadikans ebagai sebuah bentuk apresiasi terhadap penulis baik itu penulis buku ataupun karya tulis atas karyanya yang telah memberikan manfaat dan peranan terhadap penulisan sebuah buku atau karya tulis.

Bagaimanakah Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar?

Sebelum Anda menuliskan daftar pustaka, ada beberapa hal yang harus diketahui seperti judul buku, nama pengarang, thaun terbit, nama penerbit, dan kota terbit. Berikut beberapa langkah dalam menulis daftar pustaka yang sesuai dengan EYD.

•    Tulis nama penulis yang diurut sesuai alphabet dari A sampai Z. Nama penulis ditulis dengan nama belakang terlebih dahulu yang kemudian disusul nama depan dengan dipisah olah tanda koma (,). Jika ternyata ada buku atau nama asing, hendaknya didahulukan dulu.

•    Setelah nama, beri tanda titik (.), jeda lalu disusul tahun terbit buku dan diberi tanda kurung ().

•    Beri tanda titik lagi, kemudian tulis judul dengan dicetak miring atau ditulis secara tebal dan digarisbawahi.

•    Beri tanda titik (.), lalu tulis nama kota terbit.

•    Beri tanda titik dua (:),  lalu nama penerbit buku.

•    Jika ternyata ada beberapa buku yang ditulis oleh penulis yang sama, Anda dapat menuliskannya di bawah nama p[enulis dengan memberi garis panjang sebagai pengganti nama penulis.

•    Pisahkan referensi yang berasal dari media yang berbeda, misalnya buku, internet, media cetak, dan sebagainya.

Berikut contoh penulisan daftar pustaka.

•    Dengan sumber dari internet, contohnya : Putri, Lativa (2013). Memahami Anak Autis. From http://lativa.com/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=23&itemid=45, 2 April 2013

•    Dengan sumber buku, contohnya: Puitri, Lativa (2013). Memahami Anak Autis. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

•    Penulisan dengan nama penulis lebih dari satu, contohnya: Putri, Lativa, SA, Moni (2013). Memahami Anak Autis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Itulah cara-cara penulisan daftar pustaka menurut EYD. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah
Sebelumnya: Kawasaki Kaze, Motor Kawasaki Bebek
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar