Cara Cara Shalat Jumat


Cara cara shalat jumat perlu anda ketahui sebagai bagian dari tata cara shalat jumat dan agar anda dapat melaksanakan ibadah shalat jumat dengan khusyuk. Pengertian shalat jumat adalah shalat dua rakaat pada hari jumat di waktu shalat zuhur yang didahului dengan dua khutbah. Hukum shalat jumat bagi laki-laki muslim adalah fardhu ‘ain bagi mereka yang sehat, merdeka, bermukim, dan tidak dalam keadaan bepergian, sakit, ataupun hujan.

Perintah allah tentang shalat jumat yaitu: “hai orang-orang yang beriman! Apabila diseru buat shalat jumat maka hendaklah pergi mengingat allah, dan hendaklah kamu tinggalkan perdagangan” (qs al jum’at:9).

Hadits nabi muhammad tentang shalat jumat yaitu: Hari jumat merupakan hari bagi umat muslim (lelaki) melakukan shalat secara bersama-sama (berjamaah). Terkecuali perempuan, orang sakit, hamba milik orang, dan perempuan.

Syarat-syarat sahnya shalat jumat yaitu: dikerjakan pada tempat yang tertentu; dikerjakan dengan berjamaah; dikerjakan pada waktu dhuhur dan hari jumat; dikerjakan sesudah dua khutbah. Imam hanafi berpendapat batas minimal jamaah shalat jumat 4 orang termasuk imam, pendapat imam auza’i 12 orang dengan imam, imam syafi’i berpendapat jumlah jamaah shalat jumat minimal termasuk imam adalah 40 orang.

Rukun Khutbah

Rukun dua khutbah jumat yaitu:

1) mengucapkan puji-pujian kepada allah (alhamdulillah);

2) membaca shalawat atas Nabi Muhammad Saw;

3) mengucapkan dua kalimat syahadat;

4) berwasiat taqwa kepada Allah;

5) membaca ayat alquran pada salah satu khutbah;

6) berdoa memohon ampun pada khutbah yang kedua bagi kaum muslimin dan kaum mukminin.

Sunnah khutbah jumat diantaranya: berkhutbah di atas mimbar atau tempat yang lebih tinggi, mengucapkan kalimat dengan fasih, jelas, dan mudah dimengerti jamaah, khatib berdiri menghadap jamaah, mengurutkan rukun khutbah, khatib memberi salam, sesudah memberi salam khatib duduk di atas mimbar.

Amalan sunnah pada hari jumat diantaranya: mandi dan membersihkan tubuh, memakai pakaian berwarna putih, memotong kuku, menyisir rambut dan mencukur kumis, memakai wangi-wangian, memperbanyak membaca alquran, zikir, dan doa, tenang waktu khatib membaca khutbah, serta shalat tahiyatul mesjid sebelum duduk.

Niat shalat jumat: “aku niat shalat fardhu jumat dua rakaat menghadap kiblat berma’mum (imaman) karena allah. Allahu akbar.”

Demikian informasi mengenai cara cara shalat jumat. Semoga bermanfaat bagi anda sebagai panduan pelaksanaan ibadah shalat jumat.

Selanjutnya : Toko Buku Walisongo Online Tawarkan Kemudahan
Sebelumnya: Ide Bisnis Kecil Bagi Ibu Rumah Tangga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar