Metode Cara Cepat Baca Al-Quran


Membaca Al-Qur’an adalah salah satu hal yang akan membahagiakan bagi seorang muslim. Karena dengan membaca Al-Qur’an maka akan mendapatkan pahala. Selain itu, Al-Qur’an adalah sumber pedoman hidup bagi manusia. di dalam Al-Qur’an terdapat segala aturan yang akan membuat manusia mendapatkan petunjuk untuk hidup dengan benar. Bagi siapa saja yang belum bisa untuk membaca Al-Qur’an maka dapat untuk mencari cara cepat baca Al-Quran.

Belajar membaca Al-Qur’an adalah suatu hal yang sangat dianjurkan di dalam agama Islam. Dengan belajar membaca Al-Qur’an maka akan membuka lebih banyak peluang untuk sampai akhirnya memiliki kemampuan untuk membaca Al-Qur’an dengan benar dan tepat.

Cara Cepat Baca Al-Qur’an

Ada beberapa metode yang digunakan dalam cara membaca Al-Qur’an. Berikut ini adalah beberapa metode yang telah banyak digunakan di dalam cara mengajarkan lebih cepat dalam membaca Al-Qur’an.

1. Iqro’. Dapat dikatakan bahwa ini adalah metode yang telah lama dipakai dalam mengajarkan membaca Al-Qur’an dengan lebih cepat. Dengan menggunakan metode Iqro’ ini, seseorang akan diekspos pada beberapa bagian dari huruf hijaiyah dengan banyak latihan.

Pengenalan huruf hijaiyah ini akan dimulai dari yang paling awal sampai paling akhir. Ada enam jilid pembelajaran di dalam Iqro’ ini.

2. Qiro’ati. Sejatinya, bentuk pengeksposan terhadap huruf hijaiyah yang ada di dalam metode Iqro’ dan Qiro’ati hampirlah sama banyaknya. Hanya saja, di dalam Qiro’ati qualifikasi pengajarnya lebih ketat.

Hanya bagi yang telah mendapatkan ijasah pengajar Qiro’atilah yang dapat mengajarkan Qiro’ati. Metode yang digunakan juga menggunakan lagu atau alunan nada tertentu yang dimanfaatkan untuk memudahkan dalam memahami huruf hijaiyah yang ada.

Itulah dua metode yang banyak digunakan untuk membantu kaum muslimin dalam mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan lebih cepat.

Yang menjadi kosentrasi di semua metode pembelajaran yang ada adalah pengeksposan yang maksimal kepada huruf hijaiyah di mana huruf hijaiyah adalah komponen utama di dalam Al-Qur’an.

Dengan memahami pembacaan dari huruf hijaiyah dengan benar dan tepat maka akan mempermudah untuk membaca Al-Qur’an. Itulah apa yang ada di dalam cara cepat baca Al-Quran.

Selanjutnya : Beberapa Waktu Menunaikan Sholat Hajat
Sebelumnya: Pakaian yang Cocok Buat Olahraga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar