Cara Cepat Banyak Cabang Cabe Rawit

Informasi mengenai cara cepat banyak cabang cabe rawit pasti akan dicari banyak orang, terutama mereka yang kini sedang berusaha membudidayakan tanaman cabe. Cabang tanaman yang banyak memang merupakan salah satu indikasi bahwa tanaman tersebut tumbuh subur. Selain itu, cabang yang banyak juga meningkatkan kemungkinan hasil panen yang lebih melimpah.

Kunci untuk memperbanyak cabang pada tanaman cabe adalah pada perawatan atau pemeliharaannya. Jadi, tak peduli apapun jenis cabenya, jika perawatannya dilakukan dengan benar, maka tanaman tersebut pasti akan memiliki banyak cabang. Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak cabang cabe rawit, yaitu pemangkasan dan pemupukan.

Pemangkasan

Salah satu cara yang sudah umum dilakukan untuk memperbanyak cabang pada tanaman adalah dengan cara pemangkasan. Pemangkasan adalah menghilangkan bagian-bagian tanaman seperti cabang atau tunas. Memangkas dahan tanaman bisa merangsang pertumbuhan cabang yang lain. Apalagi bila yang dipangkas adalah tunas atau cabang yang lemah dan tidak berpotensi untuk tumbuh baik.

Manfaat pemangkasan tentu saja tidak sebatas memperbanyak cabang. Memangkas tanaman cabe juga bisa merangsang pembungaan dan pembuahan. Tanaman cabe cukup mudah untuk tumbuh subur, namun terkadang tanaman tersebut hanya dipenuhi daun tanpa terjadi pembungaan. Untuk mengatasi hal ini, pangkas dahan atau cabang yang memiliki banyak daun sehingga bisa merangsang munculnya bunga lalu terjadi pembuahan.

Pemupukan

Cara cepat banyak cabang cabe rawit juga bisa dilakukan lewat pemupukan tanaman. Tanaman apapun, termasuk cabe rawit, membutuhkan energi lebih untuk menumbuhkan cabang. Untuk mendapatkan energi lebih ini, tanaman tentu membutuhkan lebih banyak nutrisi atau makanan yang hanya bisa didapatkan dari dalam tanah. Maka dari itu, menjaga keseimbangan komposisi tanah adalah hal yang wajib dilakukan bila menginginkan cabang tanaman cabe tumbuh lebih banyak.

Pemupukan yang baik bisa menggabungkan antara pupuk alami dan pupuk kimia. Tanah yang dicampur dengan pupuk kandang atau kompos dan juga pupuk kimia seperti NPK sangat baik bagi pertumbuhan tanaman. Keberadaan pupuk-pupuk ini bisa menjaga unsur hara mikro tanah, seperti Baron (B) dan Magnesium (Mg). Unsur hara mikro ini sendiri tak hanya berguna untuk memperbanyak cabang tanaman, tapi juga mencegah tanaman terserang penyakit.

Demikian informasi mengenai cara cepat banyak cabang cabe rawit. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang berkebun tanaman cabe. Hal yang tak kalah harus diperhatikan ketika akan bertanam sesuatu, termasuk cabe atau cabai adalah bibitnya. Selain itu, jangan lupa untuk memberi pupuk dan merawatnya.

Loading...
Selanjutnya : Dana Bantuan Petani Penggarap Sebaiknya Berbentuk Barang
Sebelumnya: Mengetahui Ciri Murai Batu Juara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar