Cara Cepat Belajar Keyboard


Ada yang mengatakan cara cepat belajar keyboard itu dengan melihat orang bermain keyboard. Gaya belajar dengan meniru ini membuat pemain pemula berani langsung bermain dengan keyboardnya. Tetapi ada yang mengatakan bahwa sebelum belajar memainkan keyboard, seorang pemain harus tahu tentang keyboard.

Tujuan Belajar Bermain Keyboard

Tujuan belajar ini sangat penting karena akan menumbuhkan semangat luar biasa. Semangat inilah yang akan membuat cepat menguasai keyboard. Selanjutnya bisa mulai belajar sedikit demi sedikit mulai dari teori hingga praktik. Misalnya, belajar fingering. Bagaimana posisi jari-jari dan tangan, posisi bahu. Bagaimana menempatkan jari-jari di tuts dengan santai.

Fingering ini sangat penting agar bunyi tuts yang dimainkan tidak terdengar ‘terpaksa’. Tangga nada pun bisa dicapai dengan mudah dan tidak kaku mencapainya. Setelah sedikit mahir fingering, touching adalah langkah yang harus dikuasai. Dengan menguasai touching, seorang pemain keyboard akan bisa memperindah nada-nada dalam sebuah lagu. Ia bahkan bisa membuat nada musik lebih berwarna karena nada itu berasal dari jiwanya.

Musik tanpa jiwa tentu akan menjadi musik yang mati. Ruh yang keluar dari setiap nada yang dimainkan oleh pemain keyboard tertentu akan bisa menyentuh relung hati pendengarnya kalau ia sendiri memainkannya dengan hati. Inilah pentingnya mengenal tentang touching.

Setelah bisa memainkan keyboard dengan sedikit lancar serta bisa merasakan nada-nada yang keluar, selanjutnya belajar tentang rhythm dan tempo. Pelajaran satu ini dibutuhkan ketika akan bermain musik dengan orang lain. Tanpa mengetahui rhythm dan tempo, bagaimana ia bisa mengiringi seorang penyanyi dan bermain harmonis dengan pemusik lainnya.

Pelajaran lebih lanjut adalah mengetahui tentang harmoni. Dari pelajaran ini, seorang pemain keyboard akan bisa mengeksplorasi permainannya. Ia mungkin bisa membuat lagu dan mengaransemen sendiri lagunya. Kemampuan yang kian berkembang akan membuat pemula menjadi seorang master. Untuk itu, latihan dengan keras memang sangat dibutuhkan.

Pelajaran lain yang tidak kalah penting adalah reading. Bagaimana membaca not musik. Setelah itu mereka bisa juga belajar tentang key signature. Semua teori dan praktik itu akan membuat keinginan meraih target bagaimana cara cepat belajar keyboard tercapai dalam waktu yang lebih singkat.

Selanjutnya : Mengenang Nokia N70 yang Dulu Jaya
Sebelumnya: Apakah Maksud dari Orang Pertama dan Ketiga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar