Cara Cepat Mengetik di Microsoft Word


Komputer telah menjadi kebutuhan yang mendasar sehingga wajib dikuasai oleh semua orang. Salah satu fungsi komputer adalah untuk mengetik. Karena operasi office yang banyak digunakan adalah Microsoft, maka cara cepat mengetik di Microsoft Word perlu dipelajari.

Kebutuhan Mengetik Cepat

Kecepatan dan ketepatan dalam mengetik menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan terutama bagi seorang sekretaris atau penulis yang sedang dikejar oleh tenggat waktu. Banyak keuntungan yang didapatkan kalau bisa mengetik dengan cepat. Rahasianya adalah mengetahui tombol yang ada di Microsoft Words atau Ms Words. Tombol-tombol tersebut akan mempermudah operasi pengetikan.

Tombol ‘save’ membuat pengguna Ms Words tidak harus menekan tombol CTRL+S lagi. Begitu juga dengan fungsi tombol lain yang kini telah tersedia dalam bentuk gambar. Kalau sudah mengenal dan tahu fungsi tombol, selanjutnya adalah berlatih menggunakan 10 jari.

Ada software khusus yang disediakan untuk melatih jari-jari agar terbiasa mengetik dengan 10 jari. Bila seandainya sulit, yang bisa dilakukan adalah dengan terus menantang diri memecahkan rekor. Contohnya mengetik sebuah artikel dengan jumlah 300-350 kata. Latihan pertama, mungkin membutuhkan waktu 20 menit. Latihan kedua, kecepatan itu telah meningkat hingga 15 menit dan akhirnya hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk menyelesaikan satu artikel dengan jumlah kata 300-350 buah.

Kecepatan itu akan diraih kalau terus-menerus mengetik tanpa ada satu kesalahan pun. Kalau ada kesalahan ketik, artinya akan mengurangi kecepatan dalam mengetik. Kecepatan mata melihat dan otak yang bekerja merangkai kata memang harus dikondisikan agar gerakan tangan tidak kaku.

Keuntungan Mengetik Cepat

Orang yang bisa mengetik dengan cepat dan berpikir dengan cepat pula, bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Tetapi tidak dengan mengetik. Biasanya kegiatan satu ini membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi agar kecepatan itu stabil dan tidak ada satu pun kesalahan ketik.

Seorang penulis yang bisa mengetik dengan cepat tentu saja bisa membuat tulisan yang lebih banyak dalam waktu yang sangat singkat. Selain itu, ada keuntungan finansial yang diraih karena bisa lebih produktif dalam berkarya. Cara cepat mengetik di Microsoft Word pula akan membuat seorang pengguna komputer cepat menyelesaikan tugasnya.

Selanjutnya : Sejarah Hino Jepang
Sebelumnya: Apa Arti Mimpi Telanjang?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar