Cara Dasar Bermain Bilyard


Bagaimana cara dasar main bilyard? Permainan billiard atau bilyard adalah olah raga yang membutuhkan keterampilam menyodok dan memasukkan bola ke dalan lubang. Alat yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah meja bilyard, stik, bola patah yang biasanya berwarna putih polos, bola bertuliskan angka 1 sampai 15, triangel, sikat, dan papan skor.

Yang harus diperhatikan saat bermain bilyard:

  1. Stand, yaitu cara memegang dan mengayunkan stik agar bola mengarah ke sasaran.
  2. Akurasi tembakan, yaitu ketepatan bola yang disodok agar mengenai sasaran.
  3. Efek bola, yaitu perilaku bola ketika berjalan, menabrak bola lain, atau mengenai tepi meja.
  4. Strategi dan teknik permainan harus terus dikembangkan.

Teknik dasar bermain bilyard:

  1. Tangan kanan, digunakan untuk memegang ujung stik yang berfungsi untuk mendorong laju stik agar menyentuh bola. Bisa dilakukan dengan 3 atau 4 jari.
  2. Tangan kiri, digunakan untuk menopang stik dan mengarahkan supaya ujung depan stik menyentuh bola. Letakkan punggung tangan di atas meja bilyard.
  3. Kaki, posisi kaki saat hendak menyodok jangan terlalu rapat. Usahakan kedua kaki selalu lurus.
  4. Badan,usahakan badan tidak bergerak ketika menyodok bola
  5. Stik, posisi stik jangan terlalu menungging atau terlalu datar

Ada 4 pukulan dasar dalam bermain bilyard, yaitu:

  1. Stop shoot. Bola putih disodok tepat di tengah-tengah. Efeknya bola akan berhenti di tempat jika dipukul sejajar dengan bola sasaran. Jika dipukul tidak sejajar, laju bola tidak akan terlalu cepat atau terlalu lambat.
  2. Draw shoot. Bola putih disodok sedikit di bawah titik tengah. Efeknya, bola akan berjalan mundur setelah terkena bola sasaran, bila bola dipukul sejajar. Bila tidak sejajar, sudut pantul bola akan lebih lebar.
  3. Follow shoot. Bola putih disodok sedikit di atas garis tengah. Efeknya,bola putih akan berjalan maju, bila dipukul sejajar. Bila tidak sejajar, bola putih akan memiliki sudut pantul yang lebih sempit dan melaju dengan cepat.
  4. Spin shoot. Bola putih disodok sedikit ke kiri atau ke kanan dari titik tengah. Efeknya, bola akan melaju ke arah yang tak terduga setelah terkena bola sasaran atau memantul ke tepi meja.

Cara dasar main bilyard memerlukan ketenangan pikiran, penguasaan emosi, dan daya konsentrasi yang tinggi. Dengan mempelajari teknik bermain bilyard, sangat mendukung agar bisa bermain dengan baik.

Selanjutnya : Perkembangan dan Peradaban Dinasti di Cina
Sebelumnya: Keuntungan Cara Edit Foto Dengan Adobe Photoshop
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar