Contoh Cara Daur Ulang Sampah


Cara daur ulang sampah sebenarnya mudah memanfaatkannya. Di zaman serba susah ini kita harus memiliki ide kreatif untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi dengan modal yang kecil. Dengan menggunakan barang bekas menjadi barang yang baru juga sudah banyak triknya. Mulai dari membuat kotak yang digunakan untuk tempat buku atau perabotan make up atau bisa juga membentuk kotak yang sedikit berseni sehingga dapat menjadi pajangan yang unik di rumah kita.

Sudah banyak cara, baik di internet maupun di buku yang memberikan cara memanfaatkan sampah. Kita harus memilah sampah mana yang digolongkan bersih untuk dapat dimanfaatkan, tentunya saat kita mengolahnya tidak akan mengganggu kesehatan kita. Sampah tersebut kita bersihkan sehingga tidak dinamakan sampah lagi. Setelah bersih kita mulai berpikir membuat apa. Misalnya, botol bekas parfum.

Kita mengambil ide untuk membuat pajangan saja. Pertama, setelah membersihkan botol tersebut, kita siapkan alat lukis atau tinta untuk mengoles botol tersebut. Mengenai pajangan apa yang ingin kita buat disesuaikan dengan selera, apakah kita hanya ingin melukisnya saja atau kita ingin membuat pajangan bunga atau kartun untuk meja anak, kita dapat mengkreasikannya sendiri. Kita mulai membuatnya dengan mencobakannya dahulu di tempat lain, jika sudah lancar kita bisa mulai memberi olesan tinta pada botol bekas parfum, atau sebelumnya kita dapat membuat polanya terlebih dahulu.

Cara daur ulang sampah tersebut tidak hanya berkutat pada botol saja, atau kita dapat membuat kertas koran menjadi bunga mati yang dapat dipajang untuk waktu yang panjang. Pertama, kita gunting saja berbentuk bunga, setelah itu jangan lupa masukkan lidi sebagai tangkai yang tertutup koran, dan kita bekukan kertas koran yang sudah jadi bunga tersebut, barulah kita warnai sesuai dengan warna bunga yang kita inginkan, merah atau hijau bahkan biru, kita dapat mencampurnya.

Tinta itu sebaiknya tebal dan original agar tidak pudar warnanya, dan selagi tinta masih basah, kita dapat menjemurnya agar kering dan bunga kaku akan kita dapatkan. Setelah kering kita dapat memajangnya untuk hiasan ruang tamu rumah kita. Daur ulang tersebut tidak hanya untuk pajangan semata, namun kita dapat mengembangkannya menjadi bisnis, siapa tahu menjadi lapangan pekerjaan yang menarik. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Berapa Kode Negara Bangladesh? Kode Telepon
Sebelumnya: Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komando/Terpimpin
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar