Cara Edit Foto Jadi Gambar dengan Photoshop: Gambar Sketsa Pensil


Adanya aplikasi komputer seperti Photoshop membuat kegiatan menggambar dan mengedit gambar atau foto menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah mengedit foto menjadi gambar. Ada banyak bentuk gambar yang bisa dipilih oleh pengguna. Ada gambar berupa lukisan kanvas, gamabr berupa gambar hitam putih, gambar yang blur, gambar seperti goresan air, gambar berupa sketsa pensil, dan masih banyak lagi.

Cara edit foto jadi gambar dengan Photoshop khususnya yang diedit menjadi gambar sketsa pensil bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah. Tentunya ada langkah cepat untuk bisa membuatnya menjadi sketsa pensil.

Langkah Edit Foto Menjadi Gambar Sketsa Pensil

Ada beberapa langkah cara edit foto jadi gambar dengan Photoshop menjadi gambar sketsa pensil. Langkah tersebut di antaranya sebagai berikut.

  1. Buka Photoshop yang ada di dalam PC atau laptop dan kemudian pilih foto yang akan diedit menjadi gambar sketsa pensil. Setelah emmilih foto, tampilkan foto dalam layar Photoshop.
  2. Setelah foto keluar, arahkan pada bagian Layer foto yaitu pada bagian Background dan kemudian klik kanan. Setelah itu pilihlah menu Duplicat Layer, setelah itu nama dari foto tersebutbisa diubah misalnya menjadi Foto A.
  3. Ketika masih berada di Layer dari Foto A, buatlah foto menjadi gambar yang hitam putih. Caranya adalah dengan memilih menu Image kemudian klik Adjustments kemudia pilih Desaturate atau bisa dengan klik Ctrl + Shift + U. Maka Foto A tersebut akan menjadi hitam putih.
  4. Pada Foto A, klik kanan pilih Duplicate Layer dan beri nama Foto B. Klik CTRL + I dan foto menjadi seperti klise.
  5. Foto B dibuat blur dengan pilih Filter kemudian Blur da pilih Gaussian Blur.
  6. Buat mode Foto B ke Color Dodge, maka gambar akan menjadi gamabr sketsa pensil.

Jangan Ragu Belajar Photoshop

Belajar Photoshop memang tidak mudah. Memerlukan pengetahuan fitur dan juga latihan yang terus-menerus. Oleh karena itu, seseorang yang ingin bisa menggunakan Photoshop dengan lancar, tidak boleh bosan berlatih dan jangan juga ragu dalam menggunakan Photoshop.

Setiap latihan maka pengetahuan akan fungsi setiap fitur Photoshop pun semakin tinggi. Selain itu, keluwesan dalam penggunaan Photoshop akan semakin terasa jika terus berlatih secara rutin dan berkelanjutan.

Photoshop bisa menjadi salah satu aplikasi penyaluran hobi edit foto dan gambar. Bahkan dari hobi bisa menjadi ladang usaha yang sebenarnya cukup menguntungkan.

Semoga pembahasan mengenai cara edit foto jadi gambar dengan Photoshop khususnya gambar sketsa pensil dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca. Selamat mencoba!

Selanjutnya : Tips Melanggamkan Al-Qur’an dan Mengamalkannya
Sebelumnya: Tips Main Bola yang Baik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar