Cara Edit Foto Lewat Photoshop


Banyak orang mencari cara edit foto lewat photoshop. Dengan mengedit foto di photoshop, akan membuat foto-foto Anda tampak lebih indah. Cara mengedit foto dengan photoshop tidak sulit dan Anda hanya perlu terbiasa saja. Belajar photoshop untuk mengedit foto sangat menyenangkan karena photoshop merupakan software pengolah foto terbaik. Bahkan, kini tersedia Photoshop Mobile, di mana Anda bisa mengedit foto melalui ponsel pintar tanpa perlu memindahkannya ke komputer.

Tools Dasar Photoshop

Cara edit foto lewat photoshop adalah dengan memahami tools dasar photoshop di antaranya sebagai berikut.

1.     Tool Drawing adalah tool yang digunakan untuk menggambar di photoshop.

2.    Tool Selection adalah tool yang digunakan untuk menyeleksi, memindahkan, atau memotong area tertentu pada suatu foto.

3.    Tool Retouch adalah tool yang digunakan untuk mengolah gambar digital.

4.    Tool Magic Want adalah tool yang digunakan untuk menggabungkan dua foto atau memanipulasi foto.

5.    Tool Poligonal Lasso adalah tool yang digunakan untuk mengedit latar belakang atau background foto.
Program adobe photoshop tersedia dalam banyak versi, yaitu CS2, CS3, CS4, CS5, atau CS6 dan Anda bisa memilih salah satunya. Cara mengedit foto melalui adobe photoshop, yaitu buka program tersebut, kemudian pilih foto yang akan diedit, masukkan gambar ke dalam dokumen baru dan Anda bisa mulai mengedit foto tersebut. Anda bisa mencoba setiap tools yang tersedia di Tool Box satu-per satu namun tetap perlu memperhatikan aspek pengaturan pada setiap foto yang berbeda-beda.

Teknik Edit Foto di Photoshop

Teknik edit foto di photoshop dapat dilakukan dengan menggunakan sejumlah menu, yaitu sebagai berikut.

1.    Image-Adjustment-Brightness/Contract untuk mengatur pencahayaan.

2.    Blending, Masking, dan Cutting untuk menggabungkan dua foto, mengganti gambar wajah pada foto, atau memotong gambar dalam foto sesuai keinginan.

3.    Image-Adjustment-Hue and Saturation untuk mengatur warna sesuai kreasi dan imajinasi Anda.

4.    Filter-Render-Lens Frame untuk menambah sinar dan memberi efek dramatis.

Foto tanpa editan bagai perempuan tanpa make up. Saat ini, rasaya hampir setiap foto mendapatkan sentuhan photoshop sebelum diunggah di media sosial ataupun dicetak dan dibingkai. Untuk meningkatkan kemampuan cara edit foto lewat photoshop, Anda bisa mempelajari langkah-langkah mengedit foto melalui blog tutorial photoshop atau secara khusus mengikuti kursus atau kuliah untuk mempelajari photoshop dengan lebih detail.

Semuanya kembali kepada pilihan Anda untuk menjadi “photoshoper kuliahan” atau “photoshoper otodidak”.
Ketekunan dan kemauan keras sangat diperlukan untuk dapat menghasilkan foto yang berkualitas. Eksplorasi dan asah terus kemampuan Anda serta jangan cepat puas dengan hasil editan yang ada. Bergabunglah dengan komunitas fotografi agar bisa belajar dari fotografer senior maupun fotografer profesional sehingga tercipta karakter digital imaging khas Anda sendiri. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Kehidupan Pagi Hari Orang Yahudi yang Patut Ditiru
Sebelumnya: Memahami Arti Mimpi Mandi di Kamar Mandi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar