Cara Facial Wajah yang Baik dan Mudah di Rumah

Siapa yang tidak menginginkan wajah yang mulus, bersih dan sehat? Namun untuk mendapatkan hasil tersebut diperlukan perawatan wajah yang rutin. Banyak cara yang dapat dilakukan, antara lain dengan mengunjungi dokter kulit, salon kecantikan atau pun melakukan facial sendiri di rumah. Berikut ini akan kita bahas cara facial wajah yang baik dan mudah di rumah.

Membersihkan wajah dengan cara facial dapat memberikan banyak keuntungan. Antara lain; membersihkan kulit-kulit wajah yang telah mati, dapat menghilangkan komedo, dan membuat kulit wajah lebih lembut dan bersih.

Loading...

Banyak pertimbangan yang dilakukan oleh para wanita dengan melakukan facial sendiri dirumah. Berikut ini beberapa alasannya, rutinitas yang menyita banyak waktu sehingga facial di rumah dapat lebih fleksibel, faktor biaya yang lebih murah, serta kenyamanan tempat.

Sebelum melakukan facial, kenali dulu kulit wajah kita agar langkah-langkah dalam pembersihan dapat lebih maksimal. Selain itu  ada beberapa perlengkapan dan langkah-langkah  yang harus diperhatikan bila melakukan facial wajah sendiri di rumah.

Perlengkapan Facial

Perlengkapan yang dibutuhkan:

  1. Pembersih wajah (cleanser atau toner)
  2. Scrub
  3. Bandana/penutup rambut
  4. Waslap/handuk kecil
  5. Air hangat
  6. Baskom
  7. Masker
  8. Pelembap

Langkah Facial

Langkah-langkah yang perlu diperhatikan:

  1. Bersihkan terlebih dahulu wajah menggunakan cleanser atau toner secara merata sambil dipijat lembut. Bilas hingga bersih.
  2. Lakukan penguapan pada wajah. Dengan cara mendekatkan wajah ke dalam wadah yang berisi air hangat sehingga uap air akan membantu membuka pori-pori kulit dan pembersihan wajah akan lebih maksimal.
  3. Langkah selanjutnya adalah mulai melakukan scrubbing pada kulit wajah. Lakukan dengan pijatan perlahan dan dengan pijitan yang mengarah ke wajah bagian atas. Hal ini dilakukan agar kulit wajah menjadi lebih kencang. Lakukan lebih intens di wilayah T pada wajah yaitu daerah dahi, hidung serta dagu.
  4. Bersihkan sisa scrub dengan menggunakan air hangat. Gunakan waslap/handuk kecil secara perlahan hingga bersih.
  5. Setelah wajah bersih, lanjutkan facial dengan menggunakan masker. Pemilihan masker dapat dilakukan dengan menggunakan masker alami sesuai kulit wajah atau pun masker instan yang tinggal dicampur air mawar dan dapat langsung digunakan. Pemilihan masker dengan bahan alami dapat memberikan sensasi yang lebih segar pada kulit wajah.
  6. Diamkan masker selama ± 15 menit. Bilas bersih menggunakan waslap/handuk kecil. Setelah bersih tepuk-tepuk wajah mengunakan air hangat.
  7. Terakhir berikanlah pelembap pada wajah, lebih baik lagi gunakan serum untuk wajah agar lebih sehat.

Demikianlah cara facial wajah yang baik dan mudah di rumah. Dengan melakukan facial secara rutin maka kesehatan kulit wajah dapat terjaga. Selamat mencoba.

Loading...
Selanjutnya : Simpulan Teori Kuznets
Sebelumnya: Beberapa Cara Membuat Sabun Cuci Piring Cair
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar