Cara Goreng Pisang agar Rasanya Enak


Teknik atau cara goreng pisang agar rasanya enak memang memerlukan skill khusus. Terutama dalam pemilihan jenis pisang dan teknik menggorengnya.  Dalam artikel berikut ini akan memaparkan seputar cara menggoreng pisang dan pemilihan beberapa jenis pisang yang cocok untuk menu camilan gorengan.

Jenis-Jenis Pisang

Jenis-jenis pisang di alam sangat banyak jumlahnya, namun tidak semua jenis pisang tersebut cocok untuk dibuat menu gorengan pisang. Jenis pisang yang umum dikenal sebagai menu gorengan adalah jenis pisang kepok. Selain pisang kepok, masih ada lagi misalnya pisang tanduk, pisang kipas atau pisang raja.

Kualitas Pisang Terbaik

Untuk mendapatkan rasa pisang goreng yang enak, pilihlah pisang yang masak di pohon. Itu adalah kualitas pisang terbaik. Namun untuk mendapatkannya memang agak sulit. Maka alternatifnya adalah memilih pisang yang memang sudah benar-benar tua dan masak sempurna untuk mendapatkan rasa khas manisnya pisang.
Setelah mendapatkan jenis pisang yang cocok untuk digoreng, kemudian yang perlu diperhatikan adalah teknik mengolahnya. Pilihlah buah pisang yang bagus dengan ditandai kulitnya yang kuning bersih, tidak ada serat kehitaman. Kemudian dagingnya empuk dan kenyal untuk jenis pisang kepok.

Pisang yang sudah dipilih kemudian dikupas, ambil daging pisangnya. Iris daging pisang dengan membelahnya menjadi dua bagian. Sehingga didapatkan bentuk buah pisang yang melebar. Tujuan memotong daging pisang dengan membelahnya agar saat digoreng bisa matang secara sempurna.

Selanjutnya memasukkan potongan pisang ke dalam adonan tepung. Di sini tepung yang bisa digunakan adalah tepung terigu ditambah sedikit tepung beras. Sedikit garam dan air secukupnya. Bisa juga dikreasikan dengan bahan campuran pembuat crispi misalnya tepung roti dan sebagainya. Sesuaikan dengan selera.

Langkah selanjutnya adalah mulai menggorengnya. Disinilah letak rahasia mendapatkan pisang goreng yang enak. Saat memasukkan adonan pisang goreng, pastikanlah minyak dalam penggorengan harus banyak dan benar-benar sudah panas, sehingga saat adonan dimasukkan bisa mengambang dan matang sempurna.

Untuk yang memakai bahan crispi, sebaiknya gunakan dua wajan penggorengan. Penggorengan pertama untuk membentuk adonan, penggorengan kedua untuk mematangkannya, agar bahan crispy matang sempurna. Pada saat penggorengan kedua, aturlah api kompor agar bahan crispy tidak mudah kering.
Itulah rahasia cara goreng pisang agar rasanya enak. Anda tertarik? Silahkan dicoba!

Selanjutnya : Contoh Latar Belakang Masalah Penelitian Psikologi
Sebelumnya: Kamus Bahasa Jawa Sehari-hari untuk HP
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar