Cara Identifikasi Kualitatif dan Kuantitatif


 

Ada perbedaan cara identifikasi kualitatif dan kualitatif yang bisa kita pelajari. Kualitatif dan kuantitatif merupakan dua payung besar metode penelitian. Kedua payung besar ini tentu saja memiliki paradigma dan pendekatan yang berbeda. Secara sederhana perbedaannya terletak dari sifatnya, di mana kuantitatif bersifat subyektif, sedangkan kualitatif bersifat obyektif.

Subyektif dan obyektif di sini terletak dari sudut pandang fenomena yang diteliti. Kuantitatif melihat fenomena dari luar obyek, bahwa obyek tidak bisa berdiri sendiri. Sedangkan kualitatif melihat fenomena dari dalam obyek, bahwa obyek itu bisa berdiri sendiri tanpa harus dipengaruhi. Artinya kualitatif itu apa adanya fenomena yang diamati, tidak dirubah ataupun ditambah dan dikurangi. Kedua metode penelitian, baik itu kuantitatif maupun kualitatif memiliki menggunakan teknik analisis data yang berbeda.

Selain dari analisis data yang berbeda, membuat identifikasi masalahnya pun berbeda. Seorang mahasiswa harus mengetahui perbedaan secara mendasar dari kedua metode penelitian tersebut, baik untuk tingkat strata 1 sampai strata 3. Apapun tingkat stratanya tetap kedua metode tersebut yang digunakan.

Setiap metode penelitian antara kuantitatif dan kualitatif memiliki pendekatannya masing-masing. Seperti contohnya metode penelitian kuantitatif terdiri dari korelasional, eksperimen, kuasi eksperimen, deskriptif kuantitatif dan lainnya. Sementara metode penelitian kualitatif memiliki pendekatan fenomenologi, studi kasus, wacana, kritis, etnografi, dan sebagainya.

Biasanya pada saat akan membedah fenomena, kita perhatikan terlebih dahulu metode yang cocok atau sesuai apakah kuantitatif atau kualitatif. Jika kita ingin mengukur tingkat fenomena terhadap sesuatu hal, itu artinya menggunakan metode penelitian kuantitatif. Namun, jika kita ingin menggambarkan atau menguraikan fenomena sesuai dengan keunikannya, itu artinya menggunakan metode penelitian kualitatif.

Cara Identifikasi Kualitatif Dan Kuantitatif 

Berdasarkan uraian singkat di atas, bisa kita lihat beberapa hal yang bisa digunakan sebagai cara identifikasi kualitatif dan kuantitatif sebagai berikut:

  1. Analisis data yang digunakan kedua metode tersebut berbeda, yaitu wawancara mendalam untuk kualitatif, dan analisis angket untuk kuantitatif.
  2. Dari segi pendekatan metode yang digunakanpun juga berbeda, karena dilihat dari variabel yang digunakan. Di mana kuantitatif memerluka variabel setidaknya dua variabel, sedangkan kualitatif tidak memerlukan variabel.
  3. Dari segi judul kedua metode penelitian tersebut juga berbeda. Penelitian kuantitatif judul penelitian sifatnya pasif, sedangkan kualitatif sifatnya aktif.

Demikian cara Identifikasi Kualitatif dan Kualitatif yang bisa menjadi sedikit pengantar untuk proses penelitian.

Selanjutnya : Tips Pengerjaan Soal Matematika: Cara Menyelesaikan Soal Bangun Ruang
Sebelumnya: Mengenal Kebudayaan India
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar