Cara Instal Awal Komputer Secara Bertahap

Bagi pemilik laptop atau CPU ada baiknya mengetahui dengan baik tentang cara instal awal komputer. Peralatan teknologi informasi ini biasanya sering mengalami gangguan sehingga harus diinstal kembali. Semisal OS (operating system) yang sudah dimonopoli oleh virus. OS tidak dapat bekerja maksimal karena ada file-file yang hilang, atau ingin meng-upgrade software di laptop atau CPU. Sekarang, mari kita simak cara mudah untuk instalasi komputer dari awal.

Untuk menginstal komputer dari permulaan membutuhkan sejumlah persiapan, seperti menyediakan OS yang diinginkan, hardware untuk menyimpan OS tersebut, serta cara menginstal OS ke dalam komputer. Anda bisa memilih OS sesuai selera, namun kebanyakan pengguna komputer di Indonesia menyukai produk Windows.

Tidak semua pemilik komputer bisa menginstall sendiri CPU atau laptopnya. Saat komputernya bermasalah pada sistem operasi, banyak pemilik komputer yang bingung sehingga membayar teknisi dengan harga mahal. Berikut merupakan langkah-langkah yang mudah dalam melakukan instalasi komputer, Anda dapat menerapkan tips instalasi ini pada CPU atau laptop yang Anda miliki.

Kelengkapan Hardware

Langkah pertama untuk cara instal awal komputer diawali dengan memastikan semua komponen hardware telah tersedia, bila pada komputer cek cd drive, hard disk, keyboard, mouse, dan sebagainya. Bila mempunyai scanner, printer, dan jaringan internet maka pasanglah semua pada slotnya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk memperlancar fungsi instalasi hardware secara otomatis oleh Windows.

Install Sistem Operasi Baru

Kemudian, sediakan dulu master sistem operasi seperti Windows XP atau Windows 7 ke atas dalam bentuk kepingan CD. Kemudian, atur booting komputer menggunakan CD drive pada bios. Untuk memasuki bios, bisa dengan cara menekan tombol delete atau f1(disesuaikan jenis bios) sesaat setelah komputer dinyalakan.

Proses Instalasi Windows

Setelah booting dari CD drive berhasil, maka selanjutnya tinggal mengikuti perintah/alur yang diberikan oleh installer Windows tersebut. Ikuti perintahnya secara bertahap hingga proses instalasi selesai.

Menginstall Driver dan Software Tambahan

Setelah Windows berhasil diinstall, maka tugas selanjutnya yaitu menginstall driver beberapa hardware yang terhubung dengan komputer. Seperti menginstall driver VGA card, printer, webcam, sound, dan sebagainya. Anda juga harus menambahkan software tambahan yang diperlukan semisal software antivirus, writing, codec video, browser, dan lainnya.

Demikianlah beberapa cara instal awal komputer dengan teratur. Semoga bermanfaat dan semoga komputer Anda bisa diinstall sesuai keinginan. Dengan begitu, Anda bisa dengan leluasa juga untuk mengotak-atik komputer. Selamat mencoba!

Selanjutnya : Mengapa Bahasa Indonesia Mirip dengan Bahasa Belanda?
Sebelumnya: Mengenal Kabupaten dan Bahasa Dayak Sintang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...