Cara Kerja Pupuk Urea pada Tanaman


Pupuk Urea menjadi salah satu jenis pupuk yang sangat dibutuhkan oleh para petani. Mereka menggunakan urea ini sebagai cara membuat tanaman tumbuh dengan baik. Hal ini karena cara kerja pupuk urea pada tanaman berada pada daun.

Pupuk Urea

Pupuk Urea terkandung unsur N (Nitrogen) yang diperlukan tanaman. Jadi pupuk Urea hanya berfungsi untuk menambah N ditanaman dan efeknya ke daun. Bila tanaman sudah diberikan Urea yang cukup (sesuai kebutuhannya) maka daun pada tanaman tersebut akan bagus (tampak lebih hijau).

Jika daun sudah bagus tentunya proses fotosintesis (dapur di tanaman/proses memasak makanan) akan lebih sempurna. Pertumbuhan tanaman pun lebih baik dan hasilnya akan lebih memuaskan.

Pemupukan biasanya dilakukan per semester atau 6 bulan sekali. Kebutuhan Urea ditentukan dengan cara membawa sampel daun ke laboratorium. Setiap universitas yang mempunyai Fakultas Pertanian, mempunyai laboratorium yang bisa digunakan untuk mengecek berapa besar kebutuhan pupuk Urea.

Jika tidak bisa membawa sampel daun ke laboratorium, ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa Urea yang seharusnya digunakan. Peralatan yang diperlukan untuk membuat alat ukur kepbutuhan Urea ini adalah VU meter, kawat tembaga dan kawat besi.

Atur penempatan masing-masing jenis kawat pada UV meter. Kawat besi diikatkan pada sisi positif UV meter. Sedangkan kawat tembaga dikaitkan pada sisi negatifnya. Selanjutnya ambil sampel tanah yang akan ditaburi Urea. Jangan lupa untuk membasahi tanah tersebut. Setelah itu, ujung kedua jenis kawat tadi, ditusukan ke tanah yang telah basah tersebut.

Ukurannya adalah jika jarum UV meter berada pada angka 1, biasanya kebutuhan Urea itu hanya 8,5 kg untuk per 1000 meter persegi. Sedangkan kalau jarum menunjukan lebih dari angka 1, artinya kebutuhan pupuk Urea hanya 2,5 kg untuk per 1000 meter persegi. Namun, jika angka jarum melebihi angka 2, artinya tanah itu sudah cukup mengandung unsur N dan tidak perlu ditambah pupuk Urea lagi.

Bagaimana pun Urea itu adalah pupuk yang terbuat dari bahan kimia. Bahan ini akan sangat berbahaya kalau digunakan secara berlebihan. Cara kerja pupuk urea pada tanaman yang terdapat di bagian daun malah bisa merusak kalau melampaui ambang batas.

Selanjutnya : Cara Menggemukkan Badan
Sebelumnya: Kasus yang Berhubungan dengan Penyelenggaraan Pemerintahan dari Media Massa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar