Cara Kerja Sebagai Administrasi


Jangan pernah meremehkan bagian administrasi di kantor. Walaupun mereka berada di posisi mungkin paling bawah dalam struktur organisasi, pekerjaan mereka sangat mendukung terlaksananya semua kegiatan kantor. Cara kerja sebagai administrasi membuat pekerjanya harus berkutat dengan data-data yang rumit. Mereka sangat sibuk tapi tidak boleh lupa.

Semua orang seakan berhubungan dengan mereka karena memang merekalah yang tahu data tentang apa yang sedang berlangsung di kantor. Mereka tidak boleh salah.

Ketelitian dan kejelian adalah dua hal yang tidak boleh lepas dari dari mereka. Pencatatan mereka pun harus rapi. Keterampilan komputer menjadi bagian dari kemampuan yang harus mereka miliki.

Administrasi Marketing

Staf yang bekerja pada bagian administrasi pemasaran atau marketing harus mengetahui barang-barang yang terjual dan barang-barang yang masuk. Kapan pengiriman barang dan kapan harus menagih ke perusahaan yang telah membeli barang. Berapa lama jangka waktu pembayaran.

Mereka juga harus mengurus data pembayaran kepada pihak pemasok. Terkadang mereka juga harus memberikan pertimbangan data tentang perusahaan yang pernah bekerja sama.

Apakah harus meneruskan kerja sama atau tidak. Data yang didapatkan dari pencatatan yang rapi itu akan memberikan angka yang tepat agar pertimbangan menjadi rasional.

Para staff marketing akan selalu bertanya kepada bagian administrasi mengenai stok barang yang masih ada. Begitu juga dengan daftar harga barang.

Jadi sebenarnya, pekerja administrasi marketing ini sangat hebat karena harus mempunyai memori yang bagus.Cara pengelompokan data dan cara mencari data memang ditunjang oleh bagian Informasi Teknologi, tapi cekatan mendapatkannya merupakan buah dari pengalaman bekerja selama beberapa tahun.

Adiministrasi Gudang

Para pekerja administrasi gudang bekerja dengan sistem yang kurang lebih sama dengan para pekerja administrasi marketing. Tetapi orang yang bertugas di gudang harus lebih teliti karena terkadang barang yang ada di gudang merupakan barang kecil. Kalau mereka tidak jeli, barang itu bisa saja hilang.

Padahal setiap barang yang keluar dan barang yang masuk, harus diketahui dengan saksama. Kehilangan barang artinya musibah. Untuk itulah mereka juga harus berperan seperti petugas keamanan.

Tata letak gudang pun harus diatur sedemikian rupa agar mereka tahu persis ke mana mencarinya. Kalau tidak, maka pekerjaan bisa terhambat. Cara kerja sebagai administrasi ini memang tidak mudah tapi gaji mereka tidak besar.

Selanjutnya : Berkunjung ke Tanah Abang di Hari Minggu
Sebelumnya: Cara Mudah Menumbuhkan Motivasi untuk Pribadi Sendiri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar