Cara Makan yang Sehat


Mengapa cara makan yang sehat harus diikuti dengan saksama? Makanan bisa menjadi pemberi tenaga tetapi juga bisa menjadi awal masuknya penyakit dalam tubuh. Jika makan terlalu cepat, makanan tidak bisa dicerna dengan baik karena usus bekerja lebih berat. Akibatnya perut bisa sakit. Bila berlangsung lama, maka keadaan ini bisa membahayakan. Oleh karenanya, makan dengan perlahan sambil menikmati makanan tersebut.Lalu, apa lagi aturan cara makan sehat itu?

Jangan Terlalu

Yang serba terlalu itu memang tidak baik. MakanĀ  pun begitu. Kalau makan terlalu dekat dengan waktu tidur, yang akan terjadi adalah makanan belum sempurna dicerna dan lemak pun akan melekat lebih banyak sehingga kegemukan dapatterjadi. Sebaiknya, makan tiga jam sebelum waktu tidur agar ada sisa waktu untuk mencerna makanan dengan sempurna.

Jangan terlalu percaya diri untuk melewatkan sarapan. Sarapan ini adalah cadangan energi untuk semua kegiatan pada hari itu. Orang yang akan puasa pun diimingi dengan keberkahan kalau makan sahur saking pentingnya mengisi perut diawal hari. Dengan makan pagi, tubuh akan mempunyai energi untuk beraktivitas. Ketika siang, makan dengan porsi sedang agar tidak terlalu mengantuk.

Buah dan Sayur

Gizi seimbang menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Jika tidak senang makan buah dan sayur, yang akan terjadi adalah sembelit. Sembelit ini bisa membuat usus terluka dan pembuluh darah terbuka. Itulah yang terjadi ketika sedang buang air besar menemukan darah dalam feses. Jika tidak segera dilakukan tindakan pencegahan, wasir bisa saja menyerang.

Tidak ada yang mau terkena penyakit yang menyusahkan ini. Menjaga asupan makanan seimbang buah, sayur, dan sumber karbohidrat serta protein adalah sesuatu yang harus dilakukan agar mendapatkan kesehatan yang diimpikan.

Pekerjaan yang menumpuk biasanya membuat makan tidak sehat. Untuk itu, bagi para pekerja yang sangat sibuk, sangat penting untuk tidak senang mengemil makanan tinggi kalori, tinggi garam dan gula.

Sediakan buah sehat seperti melon, pepaya, apel, dan pisang serta minum air putih hangat yang cukup. Air ini akan membuatĀ  metabolisme berjalan dengan baik dan peredaran darah pun lancar. Selain itu, posisi duduk dengan tulang belakang sempurna agar pernapasan lega. Darah lancar, pernapasan lega, cara makan yang sehat, olahraga teratur, itulah langkah untuk mendapatkan kesehatan dalam waktu lama.

Demikianbeberapacaramakan yang sehat. Semogabermanfaat.

Selanjutnya : Cara Make Up Memakai Bedak
Sebelumnya: Cara Bikin Antenna Tv Omni
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar