Cara Mancing Ikan di Sungai


Memancing itu terkadang bukan karena terpaksa tidak mempunyai pekerjaan atau tidak mempunyai uang untuk membeli lauk. Banyak orang yang memancing demi hobi dan untuk mengetes kesabarannya. Mereka tidak memakan ikan tangkapannya. Bahkan ikan tersebut mereka lepaskan lagi setelah diambil fotonya. Kebahagiaan mendapatkan ‘Strike’ adalah piala tersendiri. Salah satu tempat memancing adalah sungai. Cara mancing ikan di sungai pun ternyata ada seni dan aturannya.

Demi Ikan yang Diincar

Para pemancing manis sangat tahu di mana harus memancing. Mereka mengetahui aliran sungai dan jenis ikan yang banyak di sungai itu. Jenis ikan tentunya akan menentukan umpan yang dipakai. Pun peralatan mancing lainnya.

Pemancing yang benar-benar mencintai hobinya ini tidak sungkan menghabiskan banyak uang demi kesenangannya. Harga alat pancing ini pun tidak murah.

Misalnya, sungai dengan aliran sungai deras, umpan yang dipakai bisa lipas, cacing, atau roti yang dilumuri terasi. Ikan yang didapatkan misalnya, patin, baung, gabus, dan lain-lain. Untuk aliran sungai yang tenang dan dalam, umpan yang digunakan bisa cacing. Ikan yang didapatkan bisa saja ikan predator yang cukup ganas dan ukuran tubuh cukup besar.

Di daerah Sumatera malah ada acara menangkap ikan setahun sekali. Para peserta harus membayar tiket sebesar 50 ribu. Tetapi mereka tidak menggunakan pancing untuk menangkap ikan, melainkan menggunakan jala. Ikan yang didapat memang tidak besar karena memang bukan ikan yang diternakan.

Memancing di Muara Sungai

Muara sungai bisa menjadi tempat yang bagus untuk memancing. Pertemuan dua buah sungai itu membuat beberapa jenis ikan cukup banyak. Tetapi harus berhati-hati karena muara sungai biasanya mempunyai pusaran air yang berbahaya. Untuk itu, cukup memancing di pikiran atau di tebing sungai.

Umpan yang dipakai bisa apa saja termasuk tempe. Ikan yang didapatkan bisa saja sejenis ikan emas atau ikan lele. Berat ikan yang didapatkan mungkin sekira 500 gram. Kalau sedang beruntung bisa saja mendapatkan ikan seberat lebih dari 2-3 kg.

Ikan seperti ini biasanya bisa dipancing pada pagi hari atau sore hari. Sebaiknya tidak memancing pada siang hari karena ikan berada sangat jauh di dasar sungai. Cara mancing ikan di sungai ini kalau diikuti, akan memberikan hasil yang diinginkan. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Kata Bijak di Muka Truk Lucu dan Menarik
Sebelumnya: Mobil Terbagus di Gran Turismo
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar