Cara Mandi Besar


Istilah ‘mandi besar’ biasanya sangat akrab di telinga setiap muslim yang sudah dianggap dewasa secara hukum Islam. Sejak dini setiap anak muslim telah diajari bagaimana cara mandi besar. Hal ini karena hukum mandi besar itu wajib. Apa yang menyebabkan seseorang harus mandi besar? Dan bagaimana cara mandi besar?

Mandi besar dilakukan karenabeberapahal.Pertama, karena keluarnya mani yang disebabkan oleh mimpi basah atau pun hal lain yang membangkitkan syahwat. Kedua, hubungan suami istri yang halal. Ketiga, setelah haid atau nifas. Keempat, orang yang meninggal yang dimandikan oleh keluarga atau orang lain. Kelima, mualaf. Mandi besar ini merupakan pertanda bahwa Islam itu sangat memperhatikan kebersihan dan kesucian.

Langkah Mandi Besar

Langkah-langkah ketika mandi besar sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan mandi biasa. Tetapi ada niat yang khusus,yaitu niat untuk mandi besar. Boleh menggunakan bahasa Arab atau bahasa yang dimengerti oleh orang yang mandi besar itu. Setelah niat, mencuci tangan. Selanjutnya, membasuh kemaluan.

Setelah kemaluan bersih, berwudhulah. Tidak menjadi masalah berwudhu ketika telanjang tapi tidak boleh berdoa di kamar mandi. Jadi setelah berwudhu tidak perlu membaca doa sehabis wudhu. Langkah berikutnya adalah membasuh kepala sebanyak tiga kali. Bagi wanita yang mempunyai rambut panjang, pastikan bahwa semua rambut hingga ke ujungnya basah oleh air.

Setelah kepala dan rambut terkena air semua, selanjutnya membasuh seluruh tubuh, Mulai dari yang sebelah kanan. Lakukan hingga dirasa bersih. Kalau sudah selesai mandi dan berniat akan sholat, tidak perlu berwudhu kembali kecuali kalau menyentuh bagian kemaluan lagi. Hal ini dilakukanjika seandainya mempunyai keterbatasan air. Daripada tayamum, lebih baik tidak berwudhu lagi.Tapi bila ragu, tidak menjadi masalah mengambil wudhu kembali.

Hal yang Harus Diperhatikan

Satu hal yang wajib diperhatikan adalah penggunaan air yang suci dan mensucikan. Air itu tidak berwarna dan tidak berbau serta bukan bekas mencuci sesuatu. Jangan berendam dalam bak tapi air harus mengalir ke seluruh tubuh.

Jika berniat berendam, sebaiknya mandi besar dahulu baru berendam dalam bath tub. Cara mandi besar ini harus diperhatikan karena menjadi langkah awal melakukan hal-hal wajib lainnya setelah dalam keadaan junub atau  tidak suci lainnya.

Selanjutnya : Cara Manggunakan Blush On yang Baik
Sebelumnya: Cara Make Up Supaya Natural
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar