Cara Masak Daging Bekicot


Cara masak daging bekicot ini tidak perlu dipelajari oleh umat muslim karena daging bekicot hukumnya haram untuk dimakan. Fatwa MUI mengatakan bahwa haram hukumnya untuk membudidayakan, memasak, dan memakan bekicot. Hewan ini ternyata menjadi makanan favorit bagi sebagian orang. Banyak orang yang menikmatinya di berbagai restoran mewah. Bahkan Escargot (berbahan dasar bekicot) menjadi sangat populer. Escargot ini merupakan makanan favorit orang Perancis.

Walaupun bekicot itu haram bagi orang Islam, memasak bekicot yang dilakukan oleh orang lain yang berkeyakinan lain, tentu saja boleh. Ada banyak resep masakan bekicot yang bisa dipilih. Misalnya, sate bekicot. Bumbunya bisa sama dengan bumbu sate kerang.

Pertama, bersihkan bekicot dengan menggunakan air panas agar lendirnya hilang. Lalu rendam dengan minyak, kecap, bawang putih, dan kemiri. Tambahkan garam dan gula sedikit agar rasanya gurih. Setelah beberapa saat, tumis bumbu untuk sate bekicot. Bahan-bahannya adalah bawang putih, bawang merah, cabe. Beri gula jawa sedikit. Bila sudah matang, angkat dan tusuk daging bekicot sesuai dengan selera.

Sate bekicot tentu saja tidak dibakar. Daging bekicot yang dibakar biasanya malah tidak gurih lagi. Apalagi kalau terkena arang dan terbakar. Untuk membuatnya tidak amis, ada yang menambahkan daun jeruk purut dan jahe. Bumbu ini sesuai dengan kebiasaan saja.

Resep lainnya adalah membuat masakan bekicot dengan santan. Caranya adalah bersihkan bekicot. Siapkan bumbu-bumbunya. Bumbu dasar ditambah dengan kemiri dan lada. Agar bumbu lebih harum, tumis terlebih dahulu. Setelah itu masukkan daging bekicot. Setelah hampir matang, masukan santan kental. Tambahkan serai dan daun salam.

Untuk membuat masakan bekicot menjadi lebih eksotis, ada yang tidak membuang cangkang bekicot. Hasil masakannya seperti Escargot. Tapi bekicot yang dimasak dengan cangkangnya ini malah terlihat kurang sedap bagi yang sering melihat bagaimana hewan berlendir ini hidup di habitatnya.

Cara masak daging bekicot sebaiknya memang hanya menjadi informasi saja dan tidak dipratikan oleh orang Islam. Keharaman makan bekicot ini sudah cukup untuk membuat seorang muslim tidak menyentuh makanan satu ini.

Selanjutnya : Cara Masak Daun Singkong
Sebelumnya: Cara Masak Beras Merah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar