Cara Masuk Email


Masyarakat modern yang terbiasa menggunakan internet, tentunya tahu bagaimana cara masuk email. Langkah yang diperlukan hanya masuk ke jenis penyedia layanan email yang digunakan. Biasanya kalau yang gratis, Gmail dan Yahoo. Jenis penyedia akun email inilah yang paling banyak digunakan.

Setelah masuk ke Gmail atau Yahoo, akan terlihat kolom untuk mengisi nama email. Jika sering membuka email itu, biasanya akan ada jejaknya sehingga tinggal mengklik dan tekan tombol ENTER. Bila tidak ada, maka harus mengetik alamat email yang bersangkutan. Tidak boleh ada yang salah. Satu karakter salah bahkan jika ada yang menjadi huruf besar, maka email itu tidak bisa diakses.

Memastikan alamat email sangat penting agar bisa masuk ke kotak email. Setelah alamat email, satu hal yang akan bisa membuat akses ke email lancar adalah kata kunci. Sama dengan alamat email, kata kunci pun tidak boleh salah. Kalau ada kekeliruan sedikit saja, maka email tidak bisa dibuka.

Yang menyebalkan adalah kalau mempunyai alamat email dengan sistem akun bersama. Artinya jika ada satu pengguna salah memasukan kata kunci, maka yang lain tidak bisa masuk ke alamat email tersebut. Hal ini tentu akan cukup merepotkan.

Akun Email Cadangan

Membuat alamat email cadangan cukup penting bagi yang mudah lupa dengan kata kunci. Bila perlu tuliskan alamat dan kata kunci email di suatu tempat yang mudah dijangkau dan tidak akan lupa tempat tersebut.

Agar email cadangan ini tetap aktif, berlangganan saja email dari orang-orang terkenal atau dari situs yang menyediakan layanan memberikan informasi tertentu. DenganĀ  berlangganan ini, artinya akun email tetap aktif walaupun hanya menampung email yang masuk. Jika email aktif, ketika akan digunakan tidak akan menimbulkan masalah. Berbeda kalau akun email tidak aktif.

Mengganti Kata Kunci

Kata kunci untuk masuk email hendaknya sering diganti. Kalau tidak ingin sering mengganti kata kunci, buatlah kata kunci dengan kata-kata sulit bila perlu satu kalimat yang tidak mudah dilacak. Kata kunci yang sulit dan rumit ini akan membuat orang jahil menjadi sulit membajak alamat email tersebut. Cara masuk email pun menjadi tidak mudah bagi yang tidak tahu kata kunci tersebut.

Selanjutnya : Jangan Lupakan Jasa Guru
Sebelumnya: Macam-Macam Transpirasi Pada Tumbuh-Tumbuhan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar