Tata Cara Melakukan Mandi Taubat


Memohon ampunan kepada Allah SWT atas perbuatan dosa yang telah dilakukan dan berjanji untuk tidak melakukannya kembali disebut taubat. Bagaimana cara taubat yang benar? Taubat tidak hanya sebatas mengucap istighfar saja atau ucapan lisan lainnya tapi diikuti dengan tindakan lainnya, salah satunya adalah dengan cara melakukan mandi taubat.

Allah SWT berfirman :

1

Berdasar firman Allah SWT tersebut, hendaknya melakukan taubat secara nasuha atau dengan benar.

Sedangkan hadis yang membenarkan tentang perlunya mandi taubat untuk menyempurnakan taubat adalah sebagai berikut :

2

Tata cara melakukan mandi taubat tidak dijelaskan secara langsung, namun dapat diambil kesimpulan bahwa mandi taubat pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan mandi junub.

Tata Cara Mandi Taubat

Berikut ini adalah tata cara mandi taubat:

1. Berniat baik secara lisan maupun dalam hati akan melakukan mandi taubat atau junub untuk membersihkan diri dari perbuatan dosa dan kotoran yang menempel dibadan.

2. Menuangkan air pada kedua tangan seperti layaknya mengambil air wudhu, kemudian basuhlah kedua tangan sebanyak masing – masing dua atau tiga kali.

3. Mencuci daerah kemaluan dengan tangan kiri.

4. Membersihkan badan dengan sabun layaknya seperti akan mandi pada umumnya dengan menggosokkan sabun menggunakan tangan kiri.

5. Kemudian berwudhu seperti urutan akan berwudhu saat akan sholat dimulai mencuci pergelangan tangan sampai dengan membasuh kaki.

6. Membasuh sela – sela rambut dengan menyematkan jari – jari dengan air ke setiap sela – sela rambut sampai kulit kepala. Namun ada beberapa pendapat bahwa hal ini tidak sepenuhnya mutlak dilakukan karena ada riwayat seorang wanita bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, mengenai melepas jalinan rambutnya, beliau menjawab cukup dengan menuangkan air sebanyak tiga kali diatas kepalamu.

7. Membasahi kepala dengan menuangkan air sebanyak tiga kali mulai dari bagian kepala kanan lalu ke kiri.

8. Membasuh seluruh tubuh dimulai dari kanan kemudian ke kiri.

9. Diakhir dengan kaki dan sela – sela jari kaki.

Demikianlah artikel mengenai tata cara melakukan mandi taubat. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat.

Selanjutnya : Pilpres 2014 Isu Politik Terhangat di Indonesia
Sebelumnya: Bisnis Sandal Hias Dari Kain Flannel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar