Cara Melatih Fisik Pemain Bola : Berlatih Fisik Ala Pemain Bola


Setiap pemain bola harus memiliki kekuatan fisik yang handal. Hal tersebut karena pemain bola membutuhkan kekuatan fisik yang kuat untuk dapat memenangkan pertandingan. Tidak sedikit pemain bola yang karirnya hancur karena melorotnya kualitas bermainnya. Salah satu penyebab kualitas menurun adalah masalah kekuatan fisik yang tidak dijaga dengan benar. Kunci utama cara melatih fisik pemain bola adalah melakukan latihan rutin yang telah diprogramkan untuk pemain.

Latihan fisik pemain bola dapat dimiliki dengan menguatkan sistem kardiovaskular atau latihan kekuatan untuk jantung. Latihan ini bertujuan untuk menguatkan jantung agar dapat mensuplai darah ke seluruh tubuh. Latihan ini bertujuan untuk membantu pemain mengatasi tekanan yang ditimbulkan saat pertandingan berlangsung. Cara melatih jantung dapat dilakukan dengan mengelilingi lapangan atau menggunakan treadmill.

Latihan selanjutnya adalah menguatkan paru-paru. Latihan ini ditujukan agar suplai oksigen dapat berjalan maksimal. Latihan penguatan paru-paru ini dapat dilakukan di daerah pegunungan yang memiliki kadar oksigen rendah. Ketika pemain dapat beradaptasi dengan suplai oksigen rendah, maka ketika pemain berada dalam situasi oksigen rendah, pemain dapat mengatasi masalah tersebut dan tidak malah pingsan.

Latihan selanjutnya adalah masalah kelincahan. Kelincahan akan dijadwalkan dalam sesi latihan di lapangan. Latihan kelincahan tersebut akan digabungkan dengan latihan teknik dasar dan simulasi pemain. Latihan fisik lainnya yang biasa dilakukan oleh pemain bola adalah senam. Senam ini dilakukan agar otot-otot dapat lemas dan tidak tegang agar tidak kram saat bermain bola.

Latihan fisik lainnya adalah latihan yang digunakan untuk menguatkan engkel kaki. Latihan ini dapat dilakukan dengan skipping (lompat tali). Untuk melatih kelenturan tubuh pemain dapat menggunakan salah satu olah raga renang. Saat berenang seluruh otot tubuh ikut bergerak. Olah raga ini juga membuat pemain tidak merasakan keringat yang berlebihan.

Selain latihan fisik, konsumsi pemain bola pun harus diatur. Hal tersebut karena makanan pemain haruslah memiliki kandungan vitamin dan zat yang berguna untuk tubuh. Hal tersebut agar daya tahan tubuh lebih kuat serta tidak mengakibatkan kegemukan yang dapat menghambat kelincahan pemain. Pemain bola juga dilarang merokok dan mengkonsumsi makanan atau minuman memabukkan. Kalau cara melatih fisik pemain bola ini kita lakukan dengan benar maka pemain bola akan mendapatkan stamina yang prima.

Selanjutnya : Teknis Pemeliharaan Sapi Potong: Berternak Sapi Potong
Sebelumnya: Gaya dan Contoh Dakwah Alm. K.H. Zinuddin, M.Z
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar