Cara Melatih Kucing Kampung Pup


Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang lucu dan mudah jinak. Ada beberapa jenis kucing, salah satunya adalah kucing kampung. Seringkali kucing kampung susah sekali diajarkan untuk pup di tempatnya sehingga memerlukan pelatih kucing yang telah memahami cara melatih kucing kampung pup.

Pada dasarnya kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan. Jika tempat tinggalnya kotor, maka kucing tersebut langsung terserang penyakit. Jika pada kucing yang telah besar atau dewasa cara yang biasa dilakukan adalah meletakkan tempat kotoran mereka tidak berdekatan dengan tempat makanannya. Jika kucing tidak diajarkan secara dini, maka akan sampai besar pup sembarangan. Latihan yang harus dilakukan biasanya pada kucing kecil yang masih anak- anak. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan tempat khusus untuk kucing pup. Jika si kucing terlihat akan buang air, maka sebisa mungkin agar angkat kucing ke tempatnya. Mungkin akan butuh waktu berkali-kali agar kucing terbiasa melakukan hal tersebut. Setelah mereka terbiasa makan, jika akan buang air/pup akan menuju ke tempat yang telah tersedia.
  2. Usahakan selalu mengawasi kucing, terutama di pagi hari atau siang hari dan juga setelah makan, terkadang waktu-waktu tersebut kucing pup. Bisa juga menghafalkan waktu mereka pup.
  3. Apabila Anda ingin mengajarinya buang air di kamar mandi atau toilet, maka yang harus dilakukan adalah ketika terlihat kucing akan buang air segera bawa ke lubang air yang ada di toilet, awalnya mungkin kucing akan berlari ketakutan karena melihat air.

Setiap mengajarkan kucing untuk pup pada tempatnya, usahakan selalu sabar dan tersenyum, karena kucing adalah salah satu hewan yang peka terhadap sikap manusia. Jika Anda marah-marah, maka kucing akan trauma dengan ketakutan dan yang akan terjadi adalah mereka malah tidak akan bisa pup di tempatnya. Ingat, kucing mengetahui mana orang yang baik dan tulus, serta mana orang yang kasar.

Inilah beberapa cara melatih kucing kampung pup, semoga informasi ini bermanfaat pagi pemelihara dan yang akan memelihara kucing.

Selanjutnya : Bunga teratai – Bunga Kehidupan
Sebelumnya: Isro Miraj di Mata Persatuan Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar