Cara Melatih Suara Agar Tidak Fals


Tidak hanya seorang penyanyi, pembawa acara, penyiar atau orang yang membutuhkan suara yang bagus yang harus tahu cara melatih suara agar tidak fals. Setiap orang pun harus menjaga pita suaranya agar tetap bagus. Menjaga suara tetap jernih ini agar apa yang diucapkan bisa terdengar jelas dan tidak disalahartikan oleh orang lain.

Suara itu penyampai apa yang ada dalam pikiran. Kalau suara tidak bagus atau malah tidak jelas artikulasinya, maka akan sulit berkomunikasi dengan orang lain yang menjadi mitra tutur atau mitra wicara.

Teknik Melatih Suara

Latihan pertama yang bisa dilakukan adalah senam wajah. Ucapkan setiap huruf hidup selama 5-10 detik setelah bangun tidur. Setelah itu gerakan wajah ke kanan, ke kiri, ke atas, dan ke bawah. Kalau senam wajah selesai, minumlah air putih sebanyak 1-2 gelas saja. Itu untuk latihan fisik sederhana.

Hindarkan merokok dan minum alkohol serta atur makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang digoreng dengan minyak yang tidak jelas serta makanan yang terlalu kaya kalori, sebaiknya tidak disentuh.

Kalau pun ingin sekali memakannya, batasi dan jangan sampai mengganggu pencernaan. Perut yang bermasalah, biasanya akan menghasilkan suara yang tidak jernih.

Berlatih pernapasan dengan perut. Pernasapan dari perut ini akan lebih panjang dan akan memberikan efek lebih menenangkan. Jika sedang berada di depan banyak orang dan merasa gugup, suara pun akan berubah.

Untuk mengatasinya bisa menarik napas dari perut. Pernapasan dari perut ini sangat halus sehingga gerakan dada pun tidak tampak.

Tidur yang cukup dan minum ramuan yang terbuat kencur. Air jahe pun bisa diminum 3-4 kali seminggu. Air kencur bisa dibuat beras kencur agar lebih berdampak pada pita suara. Hindarkan diri menjadi perokok pasif serta olahraga yang teratur agar napas panjang.

Latihannya bisa lari marathon, berenang, aerobik, skipping, push up, dan lain-lain. Menjaga pita suara ini akan membuat kesehatan pun lebih bagus. Karena cara melatih suara agar tidak fals itu terlihat sama dengan menjaga agar fisik tetap prima. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Mudahnya Melakukan Instalasi pada Komputer
Sebelumnya: Modifikasi CBR 150 New Jadi Lebih Gagah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar