Cara Melestarikan Budaya Daerah


Salah satu cara melestarikan budaya daerah yang baik adalah dengan melakukan budaya itu secara terus-menerus. Karena selalu dilakukan, orang yang tinggal di daerah itu akan merasa bahwa budaya daerah itu adalah bagian dari hidup mereka. Hal ini akan mendarah daging sehingga akan sangat sulit terkikis.

Tentu saja budaya daerah yang dilestarikan itu bukan budaya yang mengandung kesyirikan. Misalnya, budaya memberikan sesajen kepada penunggu sebuah pohon besar katika akan mengadakan upacara tertentu atau perayaan tertentu. Budaya ini tentu saja tidak patut dilestarikan.

Budaya mengumpulkan muda-mudi dalam satu tempat dan membiarkan mereka berbaur secara bebas, juga bukan budaya daerah yang patut dilestarikan. Percampuran antara laki-laki dan wanita ini sangat rentan terhadap perbuatan zina. Ada baiknya acara seperti ini diganti dengan acara yang lebih baik dan tidak mendekati zina. Ada banyak teknik dan cara untuk membuat anak-anak muda itu menemukan jodohnya tanpa harus melalui budaya seperti itu.

Budaya Daerah Menumbuhkan Karakter Bangsa

Budaya daerah yang bisa menumbuhkan karakter bangsa, misalnya budaya gotong royong. Budaya ini patut dilestarikan dengan mengadakan banyak kegiatan yang dihadiri oleh semua kalangan yang tinggal di daerah tersebut. Ajak anak-anak muda untuk terlibat dalam kegiatan ini.

Membangun jalan, menjaga keamanan, membersihkan tempat ibadah, memberikan pengajaran atau pendidikan kepada anak-anak, dan lain-lain, merupakan budaya baik yang patut dilestarikan. Keterlibatan masyarakat dalam pelestarian budaya persatuan dan kesatuan ini akan membuat keterikatan di antara masyarakat akan kian kuat.

Budaya bangga dengan hasil bumi sendiri dan bangga dengan nilai-nilai luhur kesenian sendiri perlu terus ditingkatkan. Caranya dengan tidak mengikuti arus perubahan tanpa adanya alasan yang tepat. Misalnya, cara membangun rumah. Bangunan lama itu biasanya telah mempertimbangkan kondisi dan situasi di daerah itu. Oleh karenanya, teknik membangun rumah harus mengikuti teknik yang telah dilakukan secara turun-temurun. Teknik ini tentunya telah teruji oleh waktu.

Penghargaan dan penghormatan terhadap budaya ini akan membuat cara melestarikan budaya daerah itu sendiri menjadi lebih mudah. Tanpa harus ada pemaksaan, para generasi muda akan meneruskannya.

Selanjutnya : Apakah Sumpah Pocong Itu?
Sebelumnya: Bagaimana Cara Membeli Obat di Apotek
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar