Cara Melukis Pemandangan Di Kanvas


Sebelum belajar cara melukis pemandangan di kanvas, ada baiknya belajar melukis di media kertas. Kalau memang mempunyai kemampuan, baru menggunakan kanvas. Peralatan dan kanvasnya sendiri mempunyai nilai yang tidak rendah. Dibutuhkan ratusan ribu rupiah untuk membeli semua perlengkapan lukis termasuk tiang untuk menyangga kanvas dan bingkai yang indah untuk lukisan nantinya.

Peralatan Lukis

Agar tidak memakan biaya yang cukup mahal, coba menggunakan kanvas ukuran kecil seperti 30×30 cm yang dijual seharga kurang lebih masih di bawah 10 ribu rupiah. Secara perlahan, kemudian baru mencoba melukis di kanvas dengan ukuran yang lebih besar. Tahapan ini akan membuat seorang pemula terbiasa.

Selain kanvas, yang harus disiapkan adalah cat minyak atau cat air. Satu tube cat minyak produk dalam negeri kurang lebih 7-10 ribu. Belum lagi beragam kuas dan wadah mencampur cat. Biaya ini terlihat cukup tinggi mengingat banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi.

Untuk itulah merencanakan pemandangan yang akan dilukis adalah sesuatu yang sangat penting. Bila perlu datangi tempat dengan pemandangan yang indah itu. Buat dahulu foto atau gambar kasarnya. Pemandangan yang mempunyai kesan tersendiri akan memberikan lebih banyak arti. Selain itu, sesuaikan warnanya dengan rencana tempat memajang hasil lukisan tersebut. Kalau tidak sesuai, sepertinya lukisan hanya akan menghuni gudang.

Mencampur Warna

Dalam proses melukis di kanvas, faktor kemampuan mencampur warna sangat penting. Hal ini karena tidak semua warna yang diinginkan tidak ada dalam box cat yang dibeli. Terkadang hanya ingin mendapatkan warna setingkat lebih muda dari warna di atasnya, maka yang dilakukan adalah menggabungkan warna tertentu dengan warna senada atau warna yang sangat berbeda.

Misalnya membentuk warna pasir pantai di kala senja. Ada butiran pasir dengan cahaya yang indah sehingga harus diberi sedikit sentuhan agar warna itu terlihat jelas. Menggunakan cat minyak sendiri sebenarnya cukup mudah dan malah bisa diubah walaupun sudah terpakai. Hanya saja perlu keterampilan untuk bisa mengatur agar lukisan tidak menjadi terlalu menonjol seperti relief. Merk cat yang digunakan pun berpengaruh kepada hasil lukisan. Semakin bagus kualitasnya, semakin mahal harganya.

Untuk membuat detail lukisan, bisa menggunakan lidi atau cotton bud atau benda lain yang ujungnya runcing. Peniti pun bisa digunakan. Cara melukis pemandangan di kanvas ini memang membutuhkan banyak kesabaran dan ketelitian.

Selanjutnya : Unsur Intrinsik Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono
Sebelumnya: Administrasi Organisasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar