Cara Memahami Tulisan Ilmiah


Tulisan ilmiah terkadang menjadi suatu hal yang lebih sulit untuk dipahami. Walaupun sudah membaca berulang kali dengan tingkat kosentrasi yang sangat tinggi, namun ternyata pemahaman tentang tulisan ilmiah ini masih sangat sulit untuk dilakukan. Lalu, adakah memang cara jitu bagaimana cara memahami tulisan ilmiah.

Tulisan ilmiah adalah tulisan yang dibuat berdasarkan data ilmiah. Data ilmiah ini dibuat dari kesimpulan akan penelitian yang telah dibuat dan dilakukan sebelum membuat tulisan ilmiah ini. Jenis tulisan ilmiah ini tentunya amatlah beragam.Untuk lebih mudah lagi dalam memahami tulisan ilmiah, maka ada empat poin penting yang harus menjadi titik perhatian dalam membaca tulisan ilmiah yang ada. Berikut adalah empat hal penting tersebut.

Memahami Masalah Penelitian yang Diangkat 

Inilah tema atau inti pembahasan yang ada di dalam tulisna ilmiah yang kita baca. Dari sini kita akan dapat mengerti motivasi di dalam penulisan karya ilmiah tersebut, hal penting yang ada di sana dan juga adakah hal yang unik atau menantang di dalamnya.

Kontribusi yang Ingin Diberikan dari Tulisan Ilmiah 

Hal ini berhubungan dengan bagaimana sumbangan yang ingin diberikan oleh si penulis dari karya tulis ilmiah yang ia buat, serta bagaimana pemecahan masalah yang telah diberi di sana ataukah apakah ada pembuktian baru mengenai suatu hal.

Memahami Inti Pembahasan

Dengan ini, maka kita akan mampu untuk melihat hal apa yang dibahas oleh si penulis beserta seluruh pendapat yang ada di dalamnya. Apakah memang telah dilakukan sebuah penelitian yang panjang ataukah hanya analisis data dan kasus saja.

Memahami Kesimpulan 

Kesimpulan adalah hal terakhir yang ditarik oleh si penulis di dalam karya tulisan yang telah ia buat. Dari sini kita akan dapat untuk melihat apakah memang ada pelajaran yang dapat diambil di dalamnya ataukah hasil yang telah diperolah dapat untuk diaplikasikan ke dalam bidang yang lainnya atau tidak, dan sisi aplikakatif dari hasil karya tulisan tersebut.

Dari keempat hal inilah kita akan lebih mudah untuk memahami tulisan ilmiah yang ada dan semua hal di atas dapat dimasukkan ke dalam kategori cara memahami tulisan ilmiah yang lebih mudah dan praktis.

Selanjutnya : Tips Agar Rambut Tampak Sehat dan Indah Alami
Sebelumnya: Tipe Blackberry Layar Sentuh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar