Cara Memainkan Keyboard Kunci dan Not


Banyak orang yang merasa jika cara memainkan Keyboard kunci dan not cukup memusingkan. Di mana dalam bermain keboard, kita harus memainkan seluruh jari kita pada tuts secara bersamaan. INi dilakukan untuk menemukan kunci dan not yang tepat, yang akan dimainkan dalam sebuah lagu, sehingga tercipta lagu yang indah.

Dalam bermain keyboard, kita harus membiasakan semua jari-jari menekan tuts agar mendapat mencari notasi yang sesuai dengan lagu. Untuk itu, terlebih dahulu kita harus memahami notasi yang ada pada keyboard. Caranya adalah sering menekan tuts dan menghapal nada suara dan tangga nadanya.

Dalam kunci nada C, kita akan mengenal not dasar do, re, mi, fa, sol, la, si, do yang tutsnya dimulai pada deretan dua tuts putih, maka do terletak pada tuts sebelum tuts hitam. Dan nada selanjutnya bisa ditemukan pada tuts putih yang diselang oleh tuts hitam. Untuk teknik penjariannya, maka

  • Jari jempol menekan do
  • Jari telunjuk menekan re
  • Jari tengah menekan mi
  • Jari jempol menekan fa
  • Jari telunjuk menekan sol
  • Jari tengah menekan la
  • Jari manis menekan si
  • Jari kelingking menekan do tinggi

Biasakan untuk mencari sendiri notasi tampa menuliskannya pada tuts keyboard. Biasakan diri Anda dengan sering menekan dan menghapal suara nadanya.

Untuk tangan kiri, persiapkan untuk memainkan kunci pada keyboard. Jangan menulis not pada tuts keyboard, karena hanya berlau untuk nada dasar do = C, sedangkan dalam bermain keyboard kita akan menemukan kunci dasar lain seperti C, D, E, F, G, A, B, Cm, Dm, Em, Fm.

Kunci ini dimainkan dengan tangan kiri bersamaan dengan menekan tuts not pada tangan kanan. Untuk awal mempelajarinya, mainkan beberapa lagu sederhana secara berulang-ulang.

Ini untuk melatih kepekaan terhadap notasi dan melodi yang dihasilkan. Untuk kunci sendiri, jangan mempelajarinya dengan cara dihapal, tapi dengan menemukan nada dasar untuk membentuk kunci dari notasi.

Dengan banyaknya latihan, maka keyboard menjadi alat music yang mudah untuk dimainkan.

Selanjutnya : Tips untuk Menggunakan Catok Rambut
Sebelumnya: Pilpres 2014 Isu Politik Terhangat di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar