Cara Memakai Baju Bodo


Baju bodo adalah pakaian adat khas wanita Bugis Makassar. Pakaian ini dikenakan pada acara adat. Tapi kini tidak hanya wanita Bugis yang mengenakannya. Para wanita yang berasal dari daerah lain pun sering juga mengenakannya. Apalagi ketika ada karnaval atau parade yang mengenakan pakaian adat dari seluruh Indonesia. Baju bodo ini disukai karena dianggap sederhana. Pakaiannya mirip dengan pakaian ponco yang sering dikenakan oleh orang Amerika Latin. Cara memakai baju bodo cukup hanya dikenakan melalui kepala. Pakaian ini tidak berlengan.

Baju Tembus Pandang

Baju bodo ini berwarna-warni. Bahan pembuatnya sangat tipis dan tembus pandang. Pada  awal abad 20-an, para wanita Bugis malah tidak mengenakan bra ketika mengenakan baju bodo. Mereka hanya memakai sarung atau kain dan menutupi bagian atas tubuhnya dengan pakaian tipis itu.

Kini baju bodo tetap saja tipis namun tentu saja tidak ada lagi wanita yang tidak mengenakan penutup dada. Apalagi yang mengenakan jilbab. Mereka mengenakan pakaian dalam yang cukup tebal sebelum memakai baju bodo. Jenis kain yang dikenakan biasanya berupa songket atau kain tenun dari daerah lain.

Sebenarnya, warna baju bodo itu menunjukan usia sang wanita yang mengenakannya. Misalnya, Jingga, untuk anak usia 10 tahun. Jika ebih besar sedikit, warna baju bodo untuknya adalah jingga dan merah. Wanita dewasa mengenakan baju bodo warna merah. Untuk wanita dari keluarga ningrat, warna baju bodonya adalah hijau. Sedangkan untuk janda, warnanya ungu. Mungkin anggapan bahwa warna ungu itu adalah warna janda, berasal dari warna baju bodo untuk janda ini.

Tapi sekarang tampaknya sudah banyak orang yang tidak mempedulikan warna baju bodo terutama yang tidak berasal dari Makassar. Mereka mengenakan baju bodo warna kuning, merah muda, dan warna lainnya menyesuaikan dengan warna kainnya.

Untuk mengenakan kain sendiri, biasanya ujung atas ditarik sehingga bagian bawah agak tersingkap. Sisa kain dipegang atau diletakkan di lengan sebelah kiri. Ada sebagian baju yang dimasukan ke kain sehingga baju akan terlihat mengembang.

Cara memakai baju bodo yang mudah tapi tampak unik inilah yang membuat banyak orang cepat mengenal dan senang mengenakannya terutama dalam acara adat atau acara karnaval.

Selanjutnya : Cara Memakai Jilbab Segi Empat Polos
Sebelumnya: Cara Melembutkan Rambut
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar