Cara Memakai Kerudung Petak untuk Anak Sekolah yang Nyaman

Dalam artikel ini akan dibahas cara memakai kerudung petak untuk anak sekolah. Selamat membaca.

Pemakaian kerudung di Indonesia dari tahun ke tahun sudah semakin umum dan banyak digemari. Selain merupakan identitas bagi seorang muslimah, kerudung saat ini menjadi mode yang sedang naik daun.

Banyak perancang muda yang semakin kreatif dalam mengembangkan mode baju muslimah serta mode berkerudung. Anak-anak sekolah pun banyak yang menggunakan kerudung, apalagi mereka yang memang bersekolah di sekolah-sekolah Islam.

Bagi anak sekolah, terutama mereka yang masih terbilang kecil, misalnya anak SD atau yang baru memasuki SMP yang mengharuskan atau keinginan mereka sendiri untuk memakai kerudung. Pemakaian kerudung haruslah nyaman sepanjang mereka sekolah.

Biasanya kerudung yang digunakan ke sekolah adalah kerudung petak. Untuk cara pemakaiannya memerlukan waktu dan alat penguat kerudung, seperti jarum pentul atau peniti.

Cara Memakai Kerudung Petak

Berikut ini beberapa cara memakai kerudung petak untuk anak sekolah dan orangtua, terutama ibu.

1. Pilihlah bahan kerudung yang nyaman, bersifat dingin walau cuaca panas, dan bisa menyerap keringat. Pemilihan bahan kerudung sangat penting, jangan sampai anak merasa tidak nyaman saat belajar karena kerudungnya membuatnya kepanasan atau keringat tidak bisa diserap oleh bahan kerudung.

2. Cara paling umum memakai kerudung petak adalah melipatnya menjadi bentuk segitiga. Untuk bentuk kerudung standar, usahakan ujung-ujung segitiga kerudung sama panjang. Bentuk kerudung dengan rapi dan sesuai dengan bentuk wajah anak, buatlah anak merasa nyaman dengan tidak mengikat kerudung terlalu kencang atau terlalu longgar.

3. Pemakaian jarum pentul atau peniti. Untuk anak yang masih di bangku sekolah dasar, akan lebih aman menggunakan kerudung langsung yang tidak memerlukan jarum pentul atau peniti, tetapi bila tetap menggunakan kerudung petak, peniti akan lebih aman digunakan karena ujung tajamnya terlindungi dan tidak akan menusuk kulit anak.

Hal paling utama yang perlu diajarkan orangtua tentang kerudung adalah memberikan pengertian kepada anak tentang makna terdalam seorang muslimah memakai kerudung dari sisi agama. Selain itu, dengan menggunakan cara memakai kerudung petak untuk anak sekolah yang nyaman, anak akan terus merasa nyaman berkerudung serta semakin mengerti makna dari pemakaian kerudung.

Semoga informasinya bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Memanen Buah Kelapa Sawit yang Benar
Sebelumnya: Resep Salad Buah dan Sayur untuk Diet
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...