Tips Cara Memancing yang Benar


Cara memancing yang benar seringkali tidak dipelajari melalui teori-teori tekstual, melainkan dipelajari dari aktivitas praktik memancing sehari-hari. Terkadang juga dipelajari melalui aktivitas diskusi sesama pemancing.

Memancing sesungguhnya adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Kesabaran menanti umpan dimakan ikan dan ketegangan pada saat menarik ikan yang sudah tersangkut di mata pancing adalah sensasi yang dicari oleh setiap pemancing.

Sensasi ini tentu saja akan dirasakan oleh setiap pemancing, dan akan menjadi lebih menarik jika para pemancing mengetahui teori tentang cara memancing yang benar. Berikut ini akan diuraikan sedikit tips sederhana memancing ikan di kolam pancing atau di sungai.

1. Memilih Umpan yang Sesuai

Umpan menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan. Tiap-tiap jenis ikan memiliki selera yang berbeda-beda terhadap umpan yang diberikan. Oleh karena itu sebaiknya ditentukan dulu apa jenis ikan yang akan dipancing, baru berikutnya meramu umpan yang sesuai. Sebagai antisipasi bila umpan tidak dimakan ikan, sebaiknya membawa lebih dari satu jenis umpan.

2. Melempar Umpan

Meletakkan umpan di titik yang benar menjadi bagian dari penentu apakah umpan akan dimakan ikan atau tidak. Bagi para pemancing pemula atau yang baru pertama kali memagang pancing, sudah pasti akan kesulitan untuk melempar umpan.

Apalagi jika harus meletakkannya pada titik yang diyakini sebagai tempat berkumpulnya ikan. Untuk melakukan hal ini memang diperlukan latihan. Sedikit demi sedikit dipelajari sampai akhirnya mampu melempar umpan di titik yang diinginkan.

3. Mendeteksi Sambaran Ikan

Merasakan sambaran ikan ketika memancing di kolam pancing dengan di sungai sangatlah berbeda. Air di kolam pancing cenderung diam dan tidak mengalir, sehingga sambaran ikan cenderung bisa dirasakan atau sangat mudah dilihat dari melengkungnya joran.

Namun, di sungai air mengalir deras sehingga joran akan terus melengkung mengikuti derasnya air yang mengalir. Untuk mendeteksi sambaran ikan ketika memancing ikan di sungai haru dilihat dari tingkat melengkungnya joran. Jika joran melengkung tidak wajar atau melebih lengkungan pada saat terseret arus air, maka dimungkinkan umpan sudah dimakan oleh ikan.

4. Menyudahi Perlawanan Ikan

Bagian ini adalah yang terakhir dan paling menegangkan dari proses memancing. Ikan yang telah tersangkut di mata pancing akan terus melakukan perlawanan. Hal ini perlu dihadapi pelan-pelan dan diantisipasi agar tidak terlepas.

Karena bisa saja mata pancing hanya tersangkut sedikit di mulut ikan sehingga sangat mudah terlepas. Tarik ulur secara perlahan sampai ikan benar-benar kelelahan dan tidak mampu lagi melakukan perlawanan, baru kemudian diangkat ke darat

Itulah tips sederhana cara memancing yang benar. Semoga kita semua dapat menaklukkan perlawanan ikan.

Selanjutnya : Cara Memasak Spaghetti yang Enak
Sebelumnya: Contoh Jenis-Jenis Komunikasi di Masyarakat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar