Tips Praktis Cara Memasak Fillet Ikan Laut

Tahukah Anda cara memasak fillet ikan laut? Dalam artikel ini, akan dibahas hal tersebut. Selamat membaca.

Salah satu variasi memasak ikan laut adalah dengan memotongnya terlebih dahulu menjadi ikan fillet. Memasak ikan dalam bentuk fillet, mempunyai keuntungan, di antaranya adalah ikan menjadi mudah matang dan bumbu pun mudah terserap.

Untuk mendapatkan fillet ikan, kita dapat langsung membelinya di gerai-gerai ikan di swalayan besar atau memotongnya sendiri. Pilihlah ikan dengan daging yang tebal, agar mudah difillet dan menghasilkan potongan yang kompak. Ikan yang masuk dalam kategori ini adalah ikan salmon, kakap, tuna, dan tongkol.

Gunakan pisau yang tajam saat Anda membuat potongannya. Buat irisan kecil pada bagian ekor, kemudian dorong pisau ke depan ke arah kepala. Pastikan pisau melekat pada tulang pada saat membuat sayatan fillet. Untuk menghilangkan kulit, balikkan fillet sehingga kulit berada di bagian bawah, menempel pada talenan. Lakukan cara yang sama seperti pada saat Anda memisahkan ikan dari tulangnya.

Cara memasak ikan fillet laut dapat dilakukan dengan cara dibungkus tepung, ditumis, dipanggang atau malah di bakar. Gorenglah ikan yang dibungkus tepung dalam minyak yang cukup banyak dan benar-benar panas, agar gorengan yang dihasilkan sangat renyah.

Jika ingin ditumis, irislah tipis-tipis ikan fillet tadi menyerupai irisan sashimi. Irisan ini dapat dicampurkan dalam aneka tumisan sayur, atau mie dan nasi goreng.  Jika ingin dipanggang, sebagai alternatif, Anda dapat membungkusnya dengan alumunium foil yang dioles mentega terlebih dahulu. Kemudian berikan bumbu, seperti irisan tipis jahe, daun bawang, cabe, kemangi, kecap asin, dan sedikit minyak goreng (dapat diganti dengan minyak zaitun atau minyak wijen).

Untuk ikan fillet gulung, Anda dapat mengisinya dengan tahu yang telah dipoton-potong. Bisa juga diisi dengan sayuran, seperti wortel kemudian digoreng. Iklan fillet juga dapat diolah menjadi nugget finger.

Caranya ikan digiling terlebih dahulu. Kemudian campur dengan aneka bahan dan bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, garam, merica, telur, dan  tepung terigu. Jika suka, boleh ditambahkan potongan sayur. Ratakan adonan dalam sebuah loyang beralaskan ketas roti dan kukus hingga matang. Setelah matang, dinginkan dan potong sesuai selera. Sebelum digoreng, gulirkan pada tepung roti celup dalam telur kocok dan gulirkan lagi pada tepung roti.

Demikian beberapa cara untuk menyiapkan dan mengolah fillet ikan. Semoga berguna bagi Anda.

Selanjutnya : Pembinaan Rohani Sebagai Cara Membatasi Diri dalam Hubungan Pacaran
Sebelumnya: Cara Memakai Facebook Orang Lain
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...