Cara Memasang Benang dan Jarum pada Mesin Jahit Portable


Menjahit adalah kegiatan menambahkan, memperbaiki suatu jahitan pada kain atau pun pakaian yang rusak dan robek. Selain itu juga kegiatan mengubah helaian kain menjadi sebuah pakaian jadi. Baik itu atasan atau pun bawahan. Kegiatan ini membutuhkan benang dan mesin jahit.

Mesin Jahit

Mesin jahit adalah alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan menjahit kita. Jenis-jenis mesin jahit terbagi menjadi beberapa, yakni:

1. Mesin jahit manual, meski pun sudah terkesan ketinggalan zaman, tapi beberapa ibu lebih menyukai kinerja mesin jahit yang satu ini. Mesin ini mampu menjahit dengan bahan tipis hingga tebal.

2. Mesin jahit listrik, mesin jahit yang berbeda dengan manual. Jika pada mesin jahit manual kita harus pintar-pintar menggoyangkan kaki mesin agar berputar, pada mesin jahit listrik ini, kita tidak perlu mengatur goyangan kaki.

Cukup menekan dengan kaki pedal listrik yang berada di bawah. Biasanya, dilengkapi dengan mesin pemotong sehingga dapat digunakan untuk merapihkan jahitan.

3. Mesin jahit komputer, mesin jahit yang paling canggih dalam pengoperasiannya. Dengan mesin jahit komputer ini, kita bisa membuat pola digital berupa bordir atau pun sekedar dekorasi saja. Asyiknya, mesin jahit ini akan berjalan sendiri seuai pola yang telah dibuat di komputer dan akan berhenti menjahit saat benang berganti warna.

4. Mesin jahit portable, yaitu mesin jahit kecil yang dapat dibawa ke mana-mana. Kegunaannya seperti mesin jahit listrik, namun ukuran mini.

Keuntungan mesin jahit portable adalah ukurannya yang kecil memungkinkan dibawa-bawa, cara mengoperasikannya cukup ringan dan mudah, terdapat berbagai pola jahitan, bentuk dan penampilannya elegan sehingga terkesan modern.

Meski pun banyak keuntungannya, tapi tetap tak tertinggal disertai dengan kelemahan. Bahannya yang menggunakan plastik, tidak seperti mesin jahit lain yang menggunakan besi, membuat mesin jahit ini rawan pecah dan sudah pasti tidak lebih kuat dari yang lainnya.

Cara memasang benang pada mesin jahit portable, yaitu seperti mesin jahit manual. Pada jarum disediakan lubang kecil di ujungnya. Nah, itulah tempat berawalnya benang jahit.

Mudah bukan? Bagaimana? Apa Anda juga berminat menggunakan mesin jahit portable. Semoga artikel cara memasang benang dan jarum pada mesin jahit ini bermanfaat.

Selanjutnya : Sejarah Asal Suku Batak Toba
Sebelumnya: Bengkel 24 Jam Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar