Cara Memasang Kabel Antena TV


Meski penggunan tv dengan antena kurang baik. Biasanya gambar yang terlihat ada bintik-bintik dengan suara yang sedikit gember. Meski begitu masih banyak orang  menggunakan atau memasang kabel antena. Antena berkabel memang tidak jauh dengan yang digital. Tapi antena berkabel hanya dipasang sekali seumur hidup dengan biaya yang dikeluarkan terbilang murah. Berbeda dengan antena digital yang mengeluarkan uang tiap bulannya. Cara memasang kabel antena tv adalah sebagai berikut.

a. Pilih Antena yang Bagus

Sebelum memasang antena ada baik kita memilih terlebih dahulu antena yang kualitasnya bagus dan menangkap jaringan tv dengan baik. Jangan sampai sudah terlanjur kepasang dibongkar diganti dengan yang baru karena kualitas dari peyinaran sangat buruk.

Pilih antena yang memilki susunan elemen yang cukup panjang dan besar. Elemen yang cukup panjang akan memudahkan dalam penangkapan sinyal. Selain itu antena yang panjang memiliki pemacar yang lebih tepat dan tidak memiliki pengaruh pada gedung yang menghalanginya.

b. Kabel Antena

Pilih kabel yang berkualitas bagus dan tahan lama. Kabel yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri kulit luar kabel yang  tebal dan menggunakan timah asli. Kabel yang memiliki serabut tipis dengan bahan alumium foil serta ukuran yang kecil, maka jangan pilih kabel seperti ini sudah dipastikan kualitasnya tidak bagus.

Usahakan panjang antena ke TV memilki ukuran yang pas, jangan sampai karena saking semangatnya jadi panjang kabel berlebihan dan sampai digulung-gulung ini tidak baik dalam penerimaan sinyal. Kabel 75 ohm bisa menjadi pilihan, daya pada kabel ini tidak terlalu besar dan kualitasnya cukup bagus.

c. Booster Antena

Jika jarak antena dan booster cukup dekat, gunakan kabel dengan secukupnya, seperti yang dijelaskan pada bagian atas jangan sampai menggulung kabel. Usahakan jarak booster dengan antena tidak lebih dari 1,5 meter. Koneksi booster dengan tepat, bila tidak maka  sulit akan mendapatkan siaran.

d. Ketinggian Memasang Antena

Memasang antena paling maksimal 15 meter usahakan jangan lebih dari itu karena tidak baik juga, bisa disambar petir. Jangan juga terlalu rendah karena penangkapan sinyal nanti kurang. Gunakan bambu atau kayu sebagai media bantu.

e. Mengarahkan Antena

Bila kabel dan antena sudah tersambung dengan baik, arahkan antena pada pemacar saluran TV yang ingin kita pilih. Biasa pada daerah tertentu pemancar saluran TV tergabung pada satu titik sehingga tidak begitu susah untuk mencari stasiun TVnya.

Selanjutnya : Pengertian Pajak Masukan di Indonesia
Sebelumnya: Pengertian Artikel Secara Luas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar