Adakah Cara Membalas Jasa Orang Tua?

Seorang anak terkadang bertanya tentang cara membalas jasa orang tua. Tujuannya adalah supaya sang anak bisa berterima kasih atas jasa kedua orang tuanya. Sayangnya jasa orang tua tidak akan pernah bisa terbalaskan. Seandainya kita sebagai anak menghadiahkan gunung emas untuk membalas semua jasa orang tua, maka tidak akan pernah cukup untuk membalas jasa orangtua.

Jadi Anak yang Berbakti

Sebesar apapun bakti kita kepada kedua orang tua, tidak akan pernah sama dengan apa pun yang pernah mereka berikan. Setulus apapun kasih kita kepada mereka, tidak akan menyamai tulusnya cinta mereka kepada kita. Mereka tidak pernah mengharapkan balasan atas apa yang mereka berikan. Mereka hanya menginginkan kebahagiaan untuk kita. Tahukah Anda bahwa berbakti kepada kedua orang tua lebih berpahala ketimbang perang membela agama?

Contoh berbakti kepada orang tua adalah lemah lembut kepada mereka, tidak pernah membentak mereka, tidak pernah mengecewakan mereka, dan berjalanlah di muka bumi sesuai dengan harapan mereka. Artinya jadilah orang besar yang dicita-citakan ibu bapak kita. Tidak mungkin orang tua mengharapkan keburukan dan kecelakaan untuk anaknya. Tentunya mereka ingin kita menjadi orang yang besar, sekolah yang tinggi dan menjadi orang yang sejahtera dunia dan akhirat.

Apa yang kita lakukan terhadap orang tua tentu nantinya juga akan dilakukan oleh anak-anak kita. Jadi bila kita melakukan hal yang baik terhadap orang tua kita, begitupun anak-anak kelak memperlakukan kita.

Kutukannya Menjadi Kenyataan

Do’a yang paling mustazab adalah do’a orang tua, begitupun kutukannya akan menjadi kenyataanya. Banyak sekali kisah anak durhaka di dunia ini, tetapi sedikit sekali orang tua yang sempat hati mengutuk anaknya. Itu karena kasih sayang orang tua itu sepanjang jalan, tidak peduli anaknya salah atau benar, mereka akan tetap memaafkannya. Sakit hati orang tua akan sirna dalam waktu yang sebentar, karena mereka pemaaf.

Dalam hal apapun, ketika kita akan melakukan apapun, do’a dan restu orang tua harus dilibatkan. Mintalah maaf mereka walaupun mereka selalu memaafkan tanpa diminta. Buatlah mereka tersenyum bangga karena kita melakukan harapan-harapan mereka dengan baik. Tidak ada sebuah kata yang mampu melukiskan ketulusan hati orang tua karena memang tidak bisa digambarkan.

Kasih sayangnya hanya bisa dirasakan. Jawaban yang paling baik ketika ditanya tentang cara membalas jasa orang tua adalah dengan mewujudkan harapan-harapan mereka terhadap kita.

Loading...
Selanjutnya : Menelusuri Bentuk-bentuk Metode Dakwah Islam Saat Ini
Sebelumnya: Mencegah Gatal Karena Debu dengan Mudah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar