Cara Membentuk Bangun Ruang Balok

Bangun ruang ada bermacam-macam, salah satunya balok. Cara membentuk bangun ruang balok tidaklah sulit, kita hanya perlu mengetahui kerangka dasar dari balok. Balok terbentuk dari persegi panjang dan persegi, atau persegi panjang dengan persegi panjang. Pertama, kita bisa menggambar sketsa dari balok yang ingin kita buat. Setelah itu, kita tulis berapa ukuran sebenarnya dari balok tersebut. Ukurannya terdiri atas panjang, lebar dan tinggi. Sebuah balok terdiri atas enam sisi, yang terbagi atas tiga sisi yang berpasangan.

Membentuk bangun ruang berarti membentuk bangun tiga dimensi yang terdiri atas panjang, lebar dan tinggi. Jika sisi-sisi pada balok sudah ditentukan, maka kita bisa merancang kerangka balok tersebut. Kerangka balok tersebut dibuat dalam bentuk datar yang mencakup enam sisi pada balok. Enam bangun datar yang saling menyambung tersebut dapat dirancang sesuai dengan kreativitas pembuat balok. Kita bisa membongkar sebuah kardus makanan yang berbentuk balok dan melihat polanya. Memang kardus tersebut tak sepenuhnya membentuk balok, namun tak begitu jauh bentuknya dari balok.

Balok dapat dibuat dari berbagai macam kertas, ada baiknya dengan kertas yang tebal agar tidak mudah robek. Sisi-sisinya juga harus diberi tambahan tempat untuk perekatan. Tambahan tempat tersebut digunakan untuk diberi lem dan ditekuk ke sisi lainnya sehingga menempel dan membentuk sebuah balok.

Pembentukan balok pada produk-produk kemasan polanya lebih kreatif sehingga perekatan dengan lem tidak diperlukan. Kita bisa belajar dari membongkar produk-produk kemasan yang berbentuk balok. Balok yang berisi dapat juga dibentuk dari kayu, gabus, dan benda lainnya. Membentuk kayu menjadi balok cukup dengan memotong-motongnya berbentuk balok yang siku-siku. Kita bisa melihat balok dari kayu yang ada di rumah kita, misalnya saja balok mainan anak-anak, atau kaki pada kursi yang berbentuk balok.

Bangun ruang memang ada bermacam-macam. Ada balok, kubus, prisma dan lain-lain. Membentuknya tidaklah sulit, jika kita mengetahui dasar dari bangun ruang tersebut. Seperti dalam cara membentuk bangun ruang balok.

Membentuknya berarti merekatkan tiga pasang sisinya menjadi sebuah balok. Semoga informasinya bermanfaat.

Selanjutnya : Teori-teori Sosial dari Karl Marx, Emil Durkheim, dan Max Weber
Sebelumnya: Pembinaan Rohani Sebagai Cara Membatasi Diri dalam Hubungan Pacaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading