Cara Membersihkan Kamera Digital


Kalau mempunyai barang mahal, harus tahu bagaimana menjaganya. Perawatan ini sangat penting. Tanpa adanya perawatan dan perhatian yang cukup, barang mahal seperti kamera, akan rusak walaupun tidak dipakai. Kerugian akan semakin terasa ketika tidak tahu cara membersihkan kamera digital tersebut.  Peralatan kamera yang mahal itu harus mendapatkan perhatian dan membersihkannya harus secara berkala.

Perlakukan Kamera Seperti Bayi Baru Lahir

Setiap bagian kamera digital itu sangat penting. Misalnya, lensa. Cara membersihkan lensa ini tidak boleh langsung menggunakan lap. Tapi pakai peniup debu atau dust blower dahulu. Tujuannya adalah agar partikel debu yang sangat halus itu bisa dihilangkan dahulu sebelum dilap atau diberi cairan khusus pembersih lensa.

Begitu halusnya partikel debu sehingga jika langsung dilap, partikel debu itu bisa menggores permukaan lensa. Tentu tidak akan menyenangkan ketika akan membidik satu objek tetapi pandangan menjadi tidak lega karena banyak goresan.

Sensor kamera juga perlu dibersihkan. Karena sensor ini sangat sensitif, sebaiknya meminta orang yang lebih profesional untuk melakukannya. Salah sedikit saja, akan berakibat fatal. Berbeda dengan cara merawat baterai isi ulang. Jangan tinggalkan baterai dalam kamera. Tapi baterai harus diisi setiap seminggu sekali walaupun tidak dipakai. Sama dengan oli motor yang harus diganti setiap dua bulan sekali meskipun motor tidak dipakai.

Baterai isi ulang akan tetap kehilangan dayanya walau hanya diletakkan di suatu tempat tanpa disentuh. Sebaiknya gunakan baterai dari merek yang sama dan jangan menggabungkan baterai yang berisi penuh dengan yang tidak ada isinya.

Kalau memory card, cukup disimpan pada casing yang khusus.Tetapi untuk tas kamera, tidak boleh langsung menyimpan tas tanpa dibersihkan. Tas kamera ini sangat penting. Jika tas kotor, kotor juga kamera. Untuk itu, gunakan vacum cleaner kecil yang biasa dipakai untuk membersihkan jok mobil atau sofa. Debu adalah salah satu musuh yang sangat berbahaya bagi kamera digital jenis apa saja.

Cara membersihkan kamera digital mungkin terlihat rumit. Tapi kalau dilakukan dengan cinta dan kebutuhan, akan dilakukan dengan senang hati. Kamera adalah bagian dari hobi yang memberikan kesenangan dan kebahagiaan.

Selanjutnya : Cara Membersihkan Keyboard Komputer
Sebelumnya: Cara Membersihkan Jerawat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar