Cara Membersihkan Keyboard Komputer


Jangan disangka bahwa keyboard komputer itu tidak perlu dibersihkan. Bukan hanya bahwa bersih itu indah tetapi kalau keyboard kotor, petaka bisa datang. Tombol bisa tidak berfungsi dengan baik karena banyak kotoran yang mengganjal. Pada saat dibersihkan malah susah. Bila tidak hati-hati, tombolnya rusak. Inilah petaka itu. Cara membersihkan keyboard sebaiknya dengan menggunakan cairan dan lap khusus.

Membersihkan Layar

Cara membersihkan layar komputer yang sering berdebu adalah dengan menggunakan kuas lembut. Jangan lupa untuk membersihkannya ketika komputer sedang tidak dipakai. Setelah itu beri semprotkan cairan khusus untuk layar komputer. Keringkan dengan lap khusus agar layar komputer tidak tergores.

Sebaiknya membeli satu paket pembersih keyboard dan layar komputer agarĀ  ada jaminan bahwa peralatan yang dipakai tidak akan merusak atau memberikan bekas tergores pada layar maupun keyboard komputer. Pemakaian yang teratur akan membuat komputer awet dan terlihat cemerlang.

Jangan biarkan ada kotoran yang menempel di komputer karena tampilannya tidak akan prima lagi. Apalagi kalau ada tombol rusak gara-gara tidak rajin membersihkannya. Lalu bagaimana dengan keyboard yang berwarna putih tapi terlanjur jamuran yang membuat keyboard berwarna kekuningan?

Kalau mempunyai cairan untuk mencaitkan tipe-X, gunakan cairan tersebut. Bersihkan dengan kain halus. Keringkan dan gosok dengan agar keras. Jangan lupa untuk mematikan komputer selama dibersihkan. Kecuali bila hanya menggunakan kuas dan alat peniup debu yang berbentuk seperti botol tapi tidak ada isinya.

Terkadang kalau senang makan sesuatu ketika menggunakan komputer, ada saja sisa makanan yang masuk ke sela keyboard. Untuk membersihkannya, bisa dengan cara meniup kotoran itu dengan alat tiup yang ada dalam paket pembersih keyboard.

Manfaat Keyboard Bersih

Keyboard yang bersih itu, tidak hanya akan membuat komputer terlihat bagus, tapi juga bisa menjaga kesehatan. Orang yang elergi terhadap debu bisa terhindar dari pencetus bersin karena debu. Selain itu, keyboard yang bersih ini akan membuat pekerjaan lancar karena tidak ada tombol yang tersendat pada saat ditekan karena adanya kotoran yang mengganjal.

Cara membersihkan keyboard itu tidak memakan waktu lama. Ada paket pembersih yang lengkap. Jadi, menjaga keyboard komputer tetap bagus bukan sesuatu yang harus ditunda.

Selanjutnya : Cara Membuat Akun YouTube
Sebelumnya: Cara Membersihkan Kamera Digital
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar