Kelebihan dan Cara Membersihkan Velg Sepeda Bahan Alumunium


Ada beberapa cara membersihkan velg sepeda bahan alumunium agar komponen ini selalu dalam keadaan yang bersih serta awet sekaligus tahan lama. Apalagi mengingat velg yang terbuat dari bahan alumunium harganya lebih mahal dibanding dengan velg yang menggunakan bahan logam berbeda. Karena itu kebersihan dan kondisi lainnya harus dijaga dan dirawat dengan baik.

Kelebihan Velg dari Alumunium

Namun meski harganya lebih tinggi, velg dari alumunium punya beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh velg dari bahan yang lain. Salah satunya adalah bobotnya lebih ringan. Jadi sangat cocok untuk segala macam sepeda terutama road race dan drag.

Selain itu alumunium punya sifat yang sangat bagus bila dikaitkan dengan sistem perawatannya, yaitu tidak bisa berkarat. Apabila kena air dan tidak segera dibersihkan karat tersebut tidak akan menimbulkan karat seperti velg lain terutama yang terbuat dari bahan besi meski sudah dikasih lapisan chrome.

Membersihkan Velg Alumunium

Langkah pertama dari cara membersihkan velg sepeda bahan alumunium yaitu menggunakan air yang disemprotkan lalu dibersihkan dengan sabun dan dibilas satu kali. Kotoran yang berada di bagian lekukan dan pinggir dapat dihilangkan dengan sikat. Setelah itu gunakan lap yang bersih dan halus untuk mengeringkan.

Yang perlu diperhatikan, jangan menggunakan polesan yang tingkat abrasifnya tinggi, misalnya rubbing compound, chrome publish atau ordinary wax. Bahan itu lebih cocok digunakan untuk mengilapkan cat. Apabila dipakai untuk aluminum, bahan tersebut tidak mampu membuat velg jadi kinclong. Lebih bagus memilih mag wheel publish.

Agar terhindar dari dari korosi terutama ketika musim hujan tiba, setelah dibersihkan velg dapat diberi lapisan cat. Namun, sebelumnya harus diampelas dulu bagian permukaannya. Pilih cat yang kualitasnya terjamin, terutama yang mampu memberi perlindungan dari korosi yang disebabkan oleh air atau cairan lain yang kandungan garamnya cukup tinggi.

Bagian yang ada di dalam juga harus dibersihkan meski tidak terlihat dari luar. Karena justru bagian ini lah yang paling sering terkena korusi. Kotoran yang paling sering menempel di bagian ini adalah efek dari sistem kerja pada rem yang biasanya berupa endapan. Kotoran lain yang juga sering masuk adalah partikel logam berukuran kecil.

Jika dirasa perlu, bagian dalam ini juga bisa diberi lapisan antikarat. Tujuannya adalah agar segala macam kerusakan bisa dihindari dengan baik. Karena jika kerusakan tersebut sudah muncul pada umumnya tidak mudah terpantau sebab tidak bisa langsung terlihat oleh pandangan mata.

Seperti itu lah cara membersihkan velg sepeda bahan alumunium yang bisa dilakukan untuk menjaga keawetan dan memperpanjang umur penggunaannya.

Selanjutnya : Benarkah Kentut Bisa Mengurangi Gas Lambung?
Sebelumnya: Mengetahui Manfaat Minyak Ikan Hiu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar