Cara Membuat Animasi Jam


Cara membuat animasi jam memang seru. Bentuk jam menjadi tidak biasa. Jarum jamnya seperti tetap tapi karakter untuk angka bisa bisa diganti dengan jenis karakter lain. Bahkan bisa dibuat lucu dan unik. Misalnya, menggunakan lambang matematika dengan pembagian, pengurangan, kuadrat, dan lain-lain. Bisa juga dibuat dengan gambar karakter lainnya.

Menggunakan Adobe Flash

Adobe memang sangat jago kalau sudah masuk ke dunia gambar. Tidak hanya Photoshop, Flash pun bisa digunakan untuk membuat sesuatu yang mengundang senyum. Tidak rugi untuk menginstal aplikasi satu ini. Cara menginstalnya pun tidak susah. Masuk ke Google.  Ketik kata kunci ‘download flash’, dan akan masuk ke situs yang menyediakan sarana untuk mengunduh Flash.

Setelah ada Flash, maka proses berikutnya adalah gambar bentuk jam. Bentuk apa saja. Kalau yang biasa, bulat. Tapi kalau tidak mau jam berbentuk bulat, bisa yang berbentuk persegi panjang. Menggambarnya bisa menggunakan aplikasi lain seperti CorelDraw, Paint atau Photoshop. Yang penting, simpan bentuk jam itu dalam format gambar (jpg atau jpeg).

Masuk ke Flash dan masukan gambar bentuk jam tadi dengan cara menggunakan fitur Import to Stage. Cari titik tengah gambar dan mulai membuat garis untuk jarum jam (3 garis). Agar ada perbedaan di antara ketiga garis, buatlah dengan warna atau ketebalan yang tidak sama.

Untuk mengubah tampilan ‘angka’ pada jam menjadi bentuk karakter lain, bisa menggunakan fitur Convert to Symbol. Selanjutnya masuk ke Properties. Lalu gunakan fitur Instance Name untuk mendapatkan angka jam, menit, dan detik. Bila sudah, balik lagi ke Bagian depan jam yang sudah dibuat dengan menggunakan Arrange dan Send Back. Buat ketiga jarum jam tersebut berada pada satu titik yang sama. Untuk memudahkan, buat saja ketiganya berada di pukul 12.

Agar bisa bergerak, ada satu langkah lagi yang harus dilakukan, yaitu melakukan Action. Menekan F9 pun bisa. Ada kode yang harus dimasukan. Kode khusus itu dimasukan ke dalam Action Frame. Kalau sudah, tekan tombol ENTER dan lihat apakah jarum jam bisa bergerak. Kalau bergerak, artinya jam sudah selesai. Simpan saja dalam format swf. Cara membuat animasi jam ini memang perlu dicoba agar merasakan nikmatnya membuat jam sendiri.

Selanjutnya : Cara Membuat Aplikasi pajak Tahunan
Sebelumnya: Cara Membuat Animasi Bergerak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar