Cara Membuat Bingkai Foto dari Barang Bekas Botol Plastik


Sampah atau barang – barang bekas bisa menjadi sesuatu yang menarik jika diolah atau didaur ulang, misalnya saja bingkai foto. Cara membuat bingkai foto dari barang bekas bisa dengan menggunakan bahan yang terbuat dari besi, kayu, plastik atau bahan lainnya.

Membuat bingkai foto atau barang-barang bekas lainnya menjadi salah satu gerakan kebersihan lingkungan dengan mengurangi jumlah sampah yang disulap menjadi bentuk dan barang yang memiliki fungsi dan keindahan.

Berikut ini akan dibahas mengenai cara-cara membuat bingkai foto dengan menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari plastik, bisa berupa botol ataupun gelas.

Cara Membuatnya

  1. Siapkan dua buah botol plastik, botol pertama dipotong-potong menjadi bentuk gelang dan botol yang satunya dipotong bagian tutupnya sehingga botol membentuk tabung.
  2. Siapkan kertas duplek yang tebal atau potongan-potongan triplek yang sudah tidak terpakai, dengan ukuran 30 x 40 cm. Kemudian cat bagian permukaan dengan menggunakan cat berwarna hitam.
  3. Siapkan beberapa botol plastik yang sudah dipotong-potong menjadi bentuk gelang. Dua atau tiga bagian potongan gelang tersebut dipotong menjadi dua atau tiga bagian.
  4. Buat lubang botol sesuai dengan panjang duplek atau triplek.
  5. Buat hiasan dari potongan-potongan plastik pada bagian kiri kanan botol.
  6. Potongan-potongan plastik tersebut bisa diperindah dengan memberi warna-warni dan ditempel menjadi bentuk-bentuk yang sudah direncanakan.
  7. Sebagai penjepit foto bisa menggunakan plastik yang berbahan tebal, misalnya plastik mika, caranya:
  • Tempelkan terlebih dahulu plastik penjepit  kurang lebih dengan lebar 1cm. pada sisi bagian bawah, kiri dan kanan.
  • Sesudah plastik tertempel dengan baik kemudian tempelkan hiasan yang sudah diberi warna, lalu tempelkan pada sisi-sisi tersebut dengan lebar yang sama, yaitu 1cm.
  • Bagian atas digunakan untuk memasukkan foto yang akan dipajang.

Cara membuat bingkai foto dari barang bekas di atas adalah cara yang paling sederhana dan dengan bahan yang sangat mudah didapat. Jika bingung menentukan bentuk dan model bingkai, Anda bisa meniru dari bentuk-bentuk yang sudah ada di pasaran.

Selanjutnya : Cara Membuat Daftar Rujukan dari Jurnal
Sebelumnya: Aneka Resep Nasi Kuning Rice Cooker Mudah dan Cepat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar