Cara Membuat Bubur Memakai Ricecooker


Rice cooker telah menjadi alat memasak yang cukup membantu. Beragam masakan bisa menggunakan alat masak satu ini. Ingin masak bubur pun bisa. Cara membuat bubur memakai ricecooker tidak berbeda dengan cara masak bubur dalam panci. Hanya saja takaran airnya yang harus pas agar beras benar-benar menjadi bubur.

Cara Mudah Membuat Bubur

Masukkan beras sekira 100 gram. Cuci bersih dan masukan ke dalam rice cooker. Tambahkan air sekira 45 gelas. Tambahkan garam sedikit. Biarkan hingga rice cooker menyelesaikan tugasnya. Jangan lupa menekan tombol yang tepat dan bukan hanya untuk memanaskan.

Agar bubur matang merata, jangan lupa untuk mengaduk beras yang akan dijadikan bubur nasi. Jika akan menambahkan santan, harap berhati-hati. Masukkanlah santan setelah bubur hampir matang. Jangan sampai memasukkan santan dari awal. Kalau memasukkan santan dari awal, rasa bubur akan berbeda kalau santan menjadi tidak terlalu gurih lagi.
Bubur dengan Bumbu

Bila ingin masak bubur yang khas dan sangat istimewa, bisa membuat bubur dengan beberapa bumbu, seperti serai dan laos serta daun salam. Caranya, masukkan bumbu tersebut bersama dengan nasi dan air. Tidak perlu memanaskan air dalam rice cooker terlebih dahulu. Tetapi, ada juga yang mengatakan untuk memasukan nasi dan bumbu ke dalam rice cooker setelah air mendidih.

Jika penasaran bagaimana beda rasa memasukkan beras dan bumbu setelah air mendidih dan sebelum air mendidih, coba saja untuk membuat bubur dengan rice cooker selama dua hari. Kalau memang sangat sensitif dengan bau makanan, biasanya akan mampu membedakannya. Terutama bau bumbu yang dimasukkan. Bau yang semerbak akan langsung tercium kalau memasukan bumbu setelah air mendidih.

Bubur yang dimasukan dengan menggunakan rice cooker ini tidak perlu disaring karena memang sudah berbentuk bubur. Kalau tidak diberi bumbu, cukup buatkan kuah bubur yang diinginkan. Kuah tersebut bisa menggunakan bumbu sup. Bawang merah, bawang putih, pala, lada, garam, gula sedikit. Akan lebih lezat lagi jika kuah bubur dibuat dari kaldu ayam kampung.
Jangan ragu mencoba cara membuat bubur memakai ricecooker. Rasanya tidak ada bedanya dengan membuat bubur dengan panci.

Selanjutnya : Analisis Puisi Sia-Sia Karya Chairil Anwar
Sebelumnya: Sejarah Kapitan Patimura
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar