Cara Membuat Dan Contoh Hasta Karya Dari Plastik


Limbah dari sampah plastik semakin menggunung keberadaannya apabila kita lihat di TPA di tiap daerah. Namun, saat ini telah ditemukan cara untuk mengantisipasi sampah dari plastik agar tidak menggunung terus. Masyarakat telah sadar bahwa plastik sulit sekali terurai dengan tanah, bahkan mencapai 80 tahun masih belum bisa terurai.

Jika kita tiap hari membuang sampah dari plastik apa jadinya keadaan lingkungan kita. Seperti Anda ketahui juga bahwa kebutuhan rumah tangga banyak terbuat dari plastik. Untuk itulah, saat ini sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan cara membuat dan contoh hasta karya dari plastik, sehingga plastik-plastik tersebut tidak selalu berakhir menjadi sampah.

Keberadaan mereka bisa dimanfaatkan menjadi kreasi yang apik sekali. Berbagai macam bentuk karya yang dibuat dari bahan sampah plastik sudah banyak dijual, seperti dari bungkus detergent, dari botol atau gelas minuman atau minuman air mineral, bungkus makanan snack anak kecil, kantong plastik yang dipakai penjual di pasar-pasar tradisional, sedotan bekas, dan masih banyak lagi.

Contoh Hasil Karya

Salah satu contoh hasil karya yang terbuat dari kantong plastik bekas adalah bunga mawar yang terbuat dari kantong plastik (kresek) bekas yang berwarna. Proses pembuatannya adalah sebagai berikut.

Cara Membuat Dan Contoh Hasta Karya Dari Plastik

Cara Membuat Dan Contoh Hasta Karya Dari Plastik

Masih banyak lagi karya lainnya, seperti bungkus detergent yang bisa dibuat menjadi tas plastik. Terkadang, saya jumpai di pasar tradisional dekat rumah, bekas kantong plastik makanan ringan (snack) yang disukai oleh anak-anak dibuat berjajar seperti menyerupai alas meja. Banyak penjual di pasar tersebut membeli karya bekas plastik makanan ringan sebagai alas meja berjualan mereka. Hal ini menjadikan meja jualan mereka terlihat rapi.

Dalam surat kabar terbitan Jawa Pos pernah saya baca rubrik Go Green yang mengulas bahwa banyak warga Surabaya yang memanfaatkan limbah plastik menjadi hasil karya yang bagus sekali. Bahkan, ada warga mereka yang memanfaatkan sedotan bekas (dicuci dulu tentunya) dibuat seperti tikar (sebagai alas) yang bisa dibuat bersantai duduk di bawah.

Dan, tikar dari sedotan bekas tersebut dijual dengan harga terjangkau, tergantung besar kecilnya tikar tersebut. Semoga penjelasan tentang cara membuat dan contoh hasta karya dari plastik  bisa bermanfaat bagi Anda dan mari kita jaga lingkungan kita agar sehat dan bersih.

Selanjutnya : Manfaat Teknologi Informasi di Dunia Kerja
Sebelumnya: Jenis Helm Paling Nyaman Untuk Perjalanan Jauh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar