Cara Membuat Daur Ulang yang Mudah


Cara membuat daur ulang yang mudah, misalnya, memanfaatkan kotak sepatu sebagai tempat penyimpanan. Caranya pun hanya menyekat kotak sepatu menjadi tiga bagian. Sebelumnya, lapisi kotak sepatu dengan lembar kertas bekas majalah dengan gambar pemandangan yang indah. Pilih pemandangan dengan warna yang cerah agar kotak penyimpanan menjadi menyolok.

Membuat Barang Daur Ulang

Cara membuat daur ulang yang mudah lainnya adalah memanfaatkan botol minyak zaitun ukuran satu liter. Botol dengan bentuk yang khas yang terbuat dari kaca tebal ini cukup menarik dijadikan pot. Caranya adalah mengisi botol dengan kerikil warna. Setelah itu susun 6-7 buah botol berdempetan sehingga membentuk celah dibagian tengah. Isi bagian ini dengan tanah humus.

Tanami dengan bunga cantik seperti mawar dengan warna yang berbeda. Bentuk botol yang berisi kerikil dan warna mawar minimal 3 macam akan membuat taman terasa lebih indah. Selain mawar, bisa juga dengan menanam bunga lain yang mempunyai kelopak bunga nan indah. Kalau akan ditanami anggrek, media tanam pun menjadi tidak sama.

Besarnya media tanam dari botol minyak zaitun ini bergantung pada jumlah botol yang digunakan. Sebaiknya menggunakan botol dengan merek yang sama agar tinggi dan bentuk botol seragam. Menggunakan botol dengan isi setengah liter pun tidak menjadi masalah. Namun pot yang akan dibuat menjadi lebih kecil. Ukuran seperti ini cocok untuk menanam bunga ukuran kecil pula.

Plastik Deterjen

Plastik deterjen cukup khas dan mempunyai bau yang tidak terlalu menyengat. Cuci bersih plastik tersebut. Bentuk berbagai macam barang baru seperti payung, tas, dompet, dan pelapis balon. Membuat daur ulang seperti ini membutuhkan pelatihan terlebih dahulu terutama mempelajari teknik menyambung dan menempelkan bahan. Kekuatan daya lekat sangat penting agar barang daur ulang ini laku dijual.

Membuat tas dari plastik detergen juga tidak sulit. Caranya plastik dicuci bersih. Lalu dilekatkan menjadi satu bentuk tas sesuai dengan ukuran. Jika mau lebih besar, gunakan lebih banyak plastik. Akan lebih baik membuat tas ini dengan menggunakan contoh. Kalau tidak, biasanya malah tas mudah sobek.

Selain plastik detergen, bisa juga menggunakan botol-botol shampoo untuk membuat wadah tanam tumbuhan air. Campur air dengan air seni kelinci agar tumbuhan sayur cepat berkembang dan menghijau. Satu hal yang harus diingat dalam hal mengetahui cara membuat daur ulang yang mudah, adalah bahwa hal ini membutuhkan ketrampilan yang memadai. Kuncinya adalah berlatih dengan tekun.

Selanjutnya : Artikel tentang TIK
Sebelumnya: Arus Laut Atlantik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar