Cara Membuat Figura dari Kardus


Figura merupakan suatu hiasan unik yang berupa bingkai. Figura ini bisa kita tempelkan gambar atau foto. Ada banyak toko yang menjual berbagai macam jenis figura unik dan dengan bentuk-bentuk yang cantik. Namun ternyata, figura ini bisa dibuat sendiri dan Anda pun bisa berkreasi sesuka hati. Salah satu bahan yang bisa dijadikan untuk membuat figura adalah kardus. Cara membuat figura dari kardus tidaklah sulit dan Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

Cara membuat figura dari kardus ini bisa dimulai dengan menyiapkan kardus. Lebih baik menggunakan kardus yang sedikit keras seperti kardus mie atau kardus-kardus bekas alat elektronik. Hal ini dimaksudkan agar figura yang Anda buat bisa berdiri seperti halnya figura-figura yang terbuat dari bahan plastik. Selanjutnya adalah memotong kardus sesuai dengan ukuran yang diinginkan untuk dimasukkan gambar. Sesuaikan ukurn dengan ukuran gambar atau foto.

Kardus yang dipotong pertama tadi digunakan pada bagian belakang. Selanjutnya potong lagi kardus kedua untuk bagian depan dengan ukuran yang sama dengan bagan belakang tadi. Hanya saja untuk bagian depan ini diberi lubang di tengah dengan bentuk yang Anda inginkan. Bisa segi empat, lingkaran, elips, dan sebagainya.

Selajutnya adalah menempelkan dua kardus yang telah dipotong tadi. Hal yang harus diperhatikan yaitu cukup memberikan lem sebagian saja pada potongan kardus bagian depan. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa meletakkan gambar atau foto. Setelah itu masukkan gambar atau foto yang diingankan. Agar tetap bersih, Anda bisa menambahkan plastik bening pada bagian depan figura agar foto tidak kotor.

Setelah itu tak lupa pula memberikan penyangga jika Anda ingin meletakkan figura tadi di meja. Atau membuat gantungan jika ingin menggantungnya. Penyangga sendiri pun bisa dibuat dari kardus itu juga. Setelah selesai, Anda bisa berkreasi. Anda bisa menggunakan berbagai bahan seperti kertas greep, kertas manila, kertas kado, manik-manik, kancing, dan sebagainya, yang bisa Anda gunakan untuk menghias figura kardus tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat figura dari kardus yang sangat mudah sekali. Dengan membuat figura dari kardus-kardus bekas, Anda berarti sudah berperan dalam rangka mengurangi limbah rumah tangga dan hal ini sangat baik untuk lingkungan.

Selanjutnya : Jaringan Komputer dan Informasi
Sebelumnya: Cara Merawat Burung Kenari Lokal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar