Cara Membuat Foto Kolase Mudah dan Sederhana


 

Seperti apakah cara membuat foto kolase? Kolase adalah suatu seni berkreasi dengan cara menempelkan beberapa buah potongan benda menjadi kesatuan sehingga membentuk sebuah objek yang mengandung nilai seni. Dalam kesempatan ini akan mencoba membagi sedikit informasi mengenai trik cara membuat foto bergaya kolase.

Secara Manual

Membuat foto kolase secara manual memang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Namun hasil yang diperoleh juga sebanding dengan usaha yang telah dilakukan. Untuk membuat foto kolase secara manual harus memotret satu objek dengan potongan-potongan setiap bagiannya, untuk kemudian digabungkan menjadi satu di dalam sebuah bingkai dengan sentuhan artistik dan estetika.

Selain itu, membuat foto kolase dapat juga diartikan mengumpulkan beberapa gambar menjadi satu. Sisanya foto-foto yang digunakan yaitu foto dokumentasi atau foto yang mengandung nilai historis seperti pernikahan dan lainnya. Foto-foto yang telah jadi disatukan dan disusun sedemikian rupa dalam satu kanvas atau bingkai.

Menggunakan program Photoshop

Salah satu cara membuat foto teknik kolase dengan menggunakan photoshop dapat dilakukan dengan mengikuti langkah berikut ini :

  1. Buka program Adobe photoshop
  2. Buat lembar kerja, dengan cara klik file new sesuaikan panjang dan lebar kanvas.
  3. Buka foto-foto yang akan dijadikan kolase, dengan cara klik file open
  4. Lalu masukkan gambar ke dalam lembar kerja, dengan cara drag (klik tekan lalu geser) ke dalam kanvas dengan menggunakan menu move tool.
  5. Lalu atur ukuran gambar sesuai kebutuhan.
  6. 6. Kemudian membuat bingkai, caranya klik rectangular tool pada menu, kemudian pilih bentuk bingkai sesuai selera.
  7. Kemudian aplikasikan rectangular tool pada gambar, usahakan bingkai rectangular tool lebih besar dari pada gambar yang diitutupi.
  8. Kemudian kita beralih pada menu layer yang berada di kanan bawah lembar kerja. Pindahkan dengan cara drag posisi shape 1 menjadi di bawah layer 1.
  9. Agar lebih menarik, ganti warna bingkai foto dengan cara klik kanan layer , pilih blending option, centang kotak color overlay. Lalu pilih warna yang dikehendaki.
  10. Lakukan hal yang sama dengan foto lainnya dan kreasikan foto kolase Anda dengan aneka posisi, bentuk, ukuran dan warna.

Demikian cara membuat foto kolase dengan sederhana dan mudah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya : Pengertian Sederhana dalam Islam
Sebelumnya: Pengertian feodalisme Cina pada Masa Dinasti Chou
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar