Cara Membuat Garnish Buah dan Sayuran


Mengetahui cara membuat garnish buah dan sayuran diperlukan untuk menyajikan makanan. Makanan sehari-hari memang tak begitu memerlukan garnish bagi orang Indonesia.

Tapi untuk makanan istimewa misalnya untuk acara-acara pernikahan atau yang lain maka garnish juga diperlukan.

Makanan-makanan di restoran dan hotel juga biasanya dilengkapi dengan garnish. Garnish  tersebut berfungsi untuk menghias makanan agar tampak menggairahkan sehingga calon pemakan menjadi tertarik untuk memakan makanan tersebut.

Makanan yang memiliki tampilan yang menawan akan memberikan tambahan selera bagi penikmatnya.

Garnish bisa dibuat dari buah ataupun sayuran. Beberapa buah yang biasa dipakai untuk garnish adalah jeruk, tomat, semangka, dan nanas.

Semangka dengan ukurannya yang besar bisa dipakai untuk tempat menaruh makanan ataupun minuman. Kulit buah semangka juga bisa diukir membentuk berbagai macam ukiran seperti bunga atau daun.

Buah tomat bisa dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai bunga mawar. Buah jeruk biasanya hanya dipotong tipis-tipis untuk hiasan di pinggir piring atau gelas.

Sayuran yang biasa dipakai untuk garnish yaitu seledri, wortel, mentimun, kubis, dan lain-lain. Seledri hanya dipilih bagian atasnya dan ditaruh ditengah makanan.

Wortel bisa diukir menjadi beragam bentuk, diperlukan pisau kecil yang tajam untuk mengukirnya. Mentimun juga bisa dibentuk menjadi bunga atau hiasan lainnya.

Seni menghias dengan garnish bisa dilakukan dengan mencontoh yang sudah ada ataupun bisa membuat sesuatu yang baru sesuai dengan imajinasi si pembuat makanan.

Ada juga beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat garnish. Salah satunya jika ingin membentuk bunga dengan cabe merah besar. Kita hanya perlu memotong ujung cabe tersebut tak sampai putus, lalu taruh di dalam air, maka akan terbuka sendiri ujungnya membentuk bunga.

Buah dan sayuran yang dipakai untuk garnish sebaiknya warnanya berbeda dengan warna makanan utamanya sehingga bisa memberi corak yang berbeda.

Peralatan untuk membuat garnish biasanya berupa pisau kecil yang tajam. Pisau tersebut akan memudahkan dalam membentuk buah dan makanan.

Membuat garnish susah-susah gampang, jika sudah terbiasa akan lebih mudah. Perlu banyak latihan untuk membuat garnish yang bagus dan halus.

Cara membuat garnish buah dan sayuran tak hanya perlu dibaca tapi juga sering dilatih sehingga tangan menjadi terampil dalam membuatnya.

Selanjutnya : Peristiwa Gempa di Indonesia dan Penyebabnya
Sebelumnya: Perilaku Negatif Akibat Game pada Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar