Cara Membuat Jamu Kunyit


Jamu kunir asam atau jamu yang terbuat dari campuran kunyit, asam Jawa, dan sirih ini cukup terkenal dikalangan para wanita terutama yang mempunyai latar belakang budaya Jawa. Bahkan kini ada produk minuman sejenis yang dijual dalam botolan. Sebenarnya cara membuat jamu kunyit ini tidak sulit tapi mungkin agak merepotkan karena harus memarut kunyit sebelum diambil sarinya.

Gunakan Kunyit yang Sudah Tua

Kunyit yang digunakan untuk jamu sebaiknya yang sudah tua agar air yang akan didapatkan kental dan sari pati kunyit keluar. Kunyit yang masih muda malah lebih baik dijadikan lalap saja. Apalagi kunyit putih yang mempunyai bau seperti mangga atau curcuma mangga.

Jamu kunyit ini sebenarnya tidak harus diberi apa-apa. Kalau pun akan diberi kapur sirih atau garam, itu sesuai dengan selera saja. Manfaat kunyit pun cukup banyak. Misalnya, sebagai anti kanker. Kunyit pun bisa dijadikan obat untuk amandel yang membandel. Daripada dioperasi, ada baiknya minum jamu kunyit selama tiga hari berturut-turut. Sehari cukup dua gelas kecil.

Setelah hari ketiga, biasanya efek dari pembengkakan itu akan berkurang. Kunyit memang mengandung zat yang mencegah pembekakan. Efek lainnya adalah perut terasa lebih lega. Tetapi memang jangan diminum setiap hari karena tidak baik untuk organ hati. Bagaimanapun, jamu kunyit ini tetap mengandung sisa yang akan mengganggu liver.

Jamu kunyit ini juga bisa membuat kram perut pada saat haid menjadi berkurang. Apalagi kalau ditambah dengan air sirih dan asam Jawa. Rasanya yang sedikit asam itu cukup menyegarkan. Selain membuat haid lancar, bau badan pun menjadi berkurang. Tetapi tetap saja ramuan ini jangan diminum setiap hari. Unsur antiseptik yang dikandung oleh sirih cukup kuat sehingga kalau setiap hari masuk ke dalam tubuh, organ hati pun terganggu.

Sebaiknya diminum beberapa kali saja dalam satu bulan. Setelah meminum jamu kunyit itu, bisa minum air campuran gula merah dan jahe agar mengurangi rasa jamu yang kurang sedap. Air gula merah dan jahe ini akan menghangatkan tubuh sehingga stamina pun akan meningkat. Inilah cara membuat jamu kunyit yang cukup mudah dan sederhana. Bisa dibuat sendiri di rumah.

Selanjutnya : Cara Membuat Jamu Temulawak
Sebelumnya: Cara Membuat Gula Merah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar